Hidup Tanpa Empedu

gallbladderDalam kurun waktu enam bulan terakhir, aku sering merasakan maag dan kembung.  Perut juga terasa sebah, sehingga makan hanya tiga atau empat sendok saja sudah terasa penuh.  Perut juga terasa sesak.  Pada saat itu aku pikir, penyebabnya karena mungkin makan tidak teratur, banyak pikiran dan faktor psikologis lainnya.  Bila terasa agak berat, aku biasanya minum obat maag.  Terkadang maag itu hilang, tetapi juga tidak berkurang.  Hingga saat itu, aku menganggap sakit maag biasa.  Toh, aku masih dapat beraktivitas normal

Namun dalam beberapa waktu belakangan (sejak akhir Januari 2009), ada tambahan keluhan berupa meningkatnya suhu tubuh.  Kata orang sejenis meriang, yakni demam yang tidak terlalu tinggi, aku sempat ukur kurang lebih sekitar 37.5 derajat Celcius.  Itu terjadi terutama mulai pagi hari, jam 7.00 hingga sore hari.  Biasanya sore hari, saat pulang dari kantor badan terasa lemas sehingga maunya langsung tidur.  Hal ini hampir aku rasakan setiap hari.  Bila meriang itu agak berat, aku ijin tidak masuk kantor.

Aku belum mengetahui secara jelas penyebab demam itu.  Yang jelas demam bukan karena flu atau sakit gigi.  Dugaan sementara demam itu dari sekitar perut, tepatnya pencernaan.  Indikasi perut itu sudah beberapa kali terjadi dan berhasil diatasi oleh poliklinik kantor.  Tapi demam kali ini agaknya berbeda, dan tidak berkurang dengan obat dari poliklinik.  Aku dan istri menduga-duga tentang gangguan kesehatan kali ini.  Kami mencoba mengurai beberapa alternatif. Akhirnya aku mengikuti saran istri supaya cek di laboratorium.  Poliklinik kantor menyarankan tes darah lengkap dan USG.  Awalnya aku menolak USG, karena tidak mengerti maksudnya.  Baru kusadari itu untuk mendeteksi organ pencernaan d dalam perut.

Tanggal 15 Februari 2010 aku periksa di laboratorium klinik sesuai saran poliklinik kantor.  Hasil lab menunjukkan tes darah normal secara keseluruhan, diantaranya kolesterol pada angka 182 (di bawah ambang 200).  Yang mengejutkan adalah hasil USG.  Di empedu dideteksi adanya batu dengan ukuran diameter 13 mm.  Aku terkejut dengan hal ini, dan aku tidak mengetahui apa maknanya.  Saat itu aku juga belum mengerti apa fungsi empedu.  Kembali kurenungkan penjelasan dokter radiologi saat pemeriksaan USG.   Dengan jelas ia bertanya (sekaligus mendiagnosis), apakah bapak punya maag, perut sering kembung dan sebah, serta tulang punggung sering terasa linu.   Tentu saja aku katakan benar, itulah yang kualami.  Pak, itu semua gejala yang cocok dengan batu empedu, tegas dokter radiologi yang berusia sekitar enampuluhan itu. Pembentukan batu (gallstones) di dalam kantung empedu (gallbladder) disebut kolelitiasis, biasa terjadi pada orang berusia di atas empat puluh tahun (lihat gambar dan referensi)

Selanjutnya aku konsultasi dengan internist dua hari berikutnya.  Internist memberikan dua alternatif.  Pertama dilakukan operasi pembedahan untuk mengambil empedu.  Kedua dengan pengobatan intensif untuk melarutkan batu di dalam empedu.  Alternatif kedua adalah dengan minum obat (enzimatik) hingga enam bulan, yang hasilnya tidak menjamin kepastian hilangnya batu empedu.  Sambil memberi kesempatan berpikir, internist memberi resep obat hanya untuk dua minggu.  Poliklinik kantor kemudian mengusahakan obat tersebut.  Obat enzim itu diminum dua kali sehari, lainnya adalah anti panas dan antibiotik.

Lima hari aku merenung tentang keadaan kesehatanku.  Pada saat yang sama kesibukan kantor makin tinggi, untuk mempersiapkan persiapan Dies Natalis ke 25 Universitas Widyagama Malang, tanggal 24 Fbruari 2010.  Aku bekerja dengan tingkat intensitas tinggi karena bertanggungjawab langsung mengkoordinasi berbagai kegiatan Dies.  Pada saat tertentu demamku juga makin tinggi sehingga aku sempat tidak masuk.  Setelah rundingan dengan istri, aku putuskan untuk segera operasi setelah acara Dies.

Pada hari Sabtu, 27 Februari 2010, jam 7.00 aku masuk ruang operasi di rumah sakit swasta di kota Malang (kabarnya presiden Mesir, Mubarak, juga melakukan operasi gallbladder pada saat yang sama di Heidelberg University Hospital). Proses operasi berlangsung lancar, menggunakan teknik bedah normal.  Operasi pengangkatan empedu dilakukan dengan bius total.  Sekitar jam 10.30 aku tersadar di ruang pemulihan.  Aku merasa pemulihan kali ini begitu lama dan benar-benar sangat lemah.  Lebih lemah dibanding dua kali operasi sebelumnya saat bedah tulang pangkal lengan.

Kini, hari-hariku kunikmati tanpa empedu.  Keadaan pasca operasi kulewati dengan kemajuan, gerakan mulai leluasa, sakit di jahitan perut sepanjang 5 cm itu semakin berkurang.  Aku  masih sedang mengamati proses-proses perubahan di tubuh, mencermati mekanisme pencernaan di dalam perut.  Terkadang masih ada kembung, tekanan di perut atau sering buang angin.  Aku mengumpulkan kisah-kisah sejenis dari internet dan sumber lain.  Pengalaman teman, sanak saudara atau orang lain mengalir.  Banyak cerita orang dapat bertahan hidup dan sehat tanpa empedu.  Famili, tetangga, teman kantor atau facebook memberi semangat tentang keadaanku.  Terimakasih semuanya.

Hidup baru, semangat baru, pikiran baru, .. tanpa empedu.

Referensi:

http://yayanakhyar.wordpress.com/2008/04/25/kolelitiasis-gallbladder-stones/

http://perawatpskiatri.blogspot.com/2009/04/asuhan-keperawatan-pasien-dengan.html

http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/01/kolelitiasis.html

http://www.gallstonesassistance.com/

Vila Bukit Sengkaling – Malang, 4 Maret 2010

About these ads

228 Responses to Hidup Tanpa Empedu

  1. Ya2N^_^ says:

    Sukses selalu mas….

  2. Fitri says:

    betul pak, adik eyang saya sudah 16 th tanpa empedu alhamdulilah masih sehat. yang penting pola makan diatur dan jaga kesehatan
    tetap semangat ya pak…

  3. Henry says:

    terus semangat pak….

  4. Abdul Rohim says:

    ya baru saja mertua saya diangkat empedunya karena ada batu dan tumor, apaya makanan pantangannya pasca opersi

    • iwan says:

      pengalaman saya, hingga dua minggu pasca operasi, saya membatasi menu-menu sedikit lemak. menghindari gorengan, mentega atau keju. Memamg, sehabis makan, tidak lama kemudian pergi ke belakang untuk BAB. Yang penting pasca operasi harus banyak minum air putih untuk menstabilkan keadaan tubuh, dan memang dianjurkan.
      Kira-kira sebulan pasca operasi, saya makan normal tapi tetap membatasi lemak, saya makan gorengan scr terbatas. Keadaan BAB sudah normal spt sedia kala. Skrg menu makan sdh normal, tapi tetap membatasi lemak, dan terus minum air yang banyak. sy sdh beraktivitas normal
      Smg lekas sembuh

  5. miy2 says:

    halo pak iwan, kebetulan 1 minggu yang lalu mama saya baru saja di operasi pengangkatan empedu,pak iwan ada tidak resep2 makanan untuk pasca operasi empedu, karena susah sekali menyiapkan makanan tanpa tersentu oleh minyak,makasih

    • iwan says:

      Terima kasih komentarnya. sebenarnya tidak ada menu khusus, sy menyukai sayur dan buah, untuk lauk sebaiknya yang di rebus bisa telor, tahu, tempe, ikan dan daging. banyak resep lauk tanpa harus menggoreng. sy memang sejak awal tidak menyukai santan. Istri saya berupaya rutin membuat jus apel, tomat dan wortel; dicampur diblender .. diminum sekalian dengan ampasnya. Banyak minum air putih, selain untuk metabolisme tubuh juga untuk menstabilkan tubuh pasca operasi. Salam, tetap semangat, semoga lekas sembuh

      • syahrial D says:

        salam Pak Iwan, senang membaca blog Pak Iwan ini karena banyak dapat informasi ttg batu empedu, sy pun mengalami hal yg sama dgn pak Iwan dan rekan2 yg ada di blog ini, sy operasi batu empedu tahun januari 2007, alhamdulillah sy jalani dgn baik sekali, namun akhir-akhir ini pada bagian sebelah kanan atas perut sering terasa nyeri..dokter hanya memberikan obat penawar sakit sementara saja yg saat2 tertentu terasa sakit kembali, pak iwan dan rekan semuanya..apakah ada hhubungannya dengan kantong empedu sy yg sudah diangkat?

      • Iwan Nugroho says:

        Pak Syahrial, sebaiknya konsul lebih dalam dg dokter. Semoga bapak sehat-sehat saja

  6. budi says:

    pak iwan,kebetulan kt senasib..pd tgl 12 oktober 2009 saya melakukan operasi pengangkatan kandung empedu,sekarang alhamdulillah saya merasa sangat sehat….dan semoga kt semua diberi nikmat sehat selalu

    • iwan says:

      terimakasih komentarnya mas? alhamdulillah sy beraktivitas normal. tetap jaga kesehatan, istirahat cukup. smg sukses

  7. arista says:

    pak iwan terimakasih atas artikel nya..saya br 2 bulan operasi,berat badan saya turun 11kg karna saya selalu berpikir negatif,saya ketakutan..

    • iwan says:

      jangan terlalu kepikiran, tetap semangat, berpikir positif, tetap produktif. Memang ada organ kita yang hilang, tapi kita masih bisa memberi manfaat. Jaga kesehatan, jangan terlalu capai, istirahat cukup, minum air putih yang banyak. Memang harus menahan diri dari makanan berlemak. semoga sehat dan sukses

      • Bunny Teh says:

        saya sendiri susut 3 kg pasca 10 hr operasi, kepikiran terus bisa begini dan begeto ketakutan sendiri ke depan nya bakal gimana

      • Iwan Nugroho says:

        Ibu jgn terlalu cemas atau ketakutan. tenang, berpikir positif dan berdoa kepada tuhan. kita bisa hidup sehat dan bermanfaat. membatasi lemak artinya, satu bulan ini batasi makan gorengan, misal tempe goreng, ikan goreng, kuah yang berlemak, santan dll; biarkan pencernaan menyesuaikan diri dengan keadaan baru. Sbg gantinya, lebih baik banyak makan buah. Bila sdh sehat nanti, menu makan sama dengan orang sehat.

      • bandrio says:

        Salam kenal Pak Iwan…sy baru saja melakukan operasi tgl 8/11/12 pengangkatan kantong empedu yg d dalam ada batu sebesar 1.8mm,terus terang sy kaget kok ada batu yg sebesar itu d dalam kantong empedu yg sangat menyiksa diri sy…..pertama sy sdh mental sy sudah drop…tp stelah baca artikel anda semangat hidup sy sdh mlai kembali lg…Trimakasih Pak Iwan

  8. Phebye says:

    Trimakasih pak buat artikelnya…pacar saya, seminggu yang lalu di operasi dan harus hidup tanpa empedu…hal ini buat saya takut… kira2 harus beristirahat berapa lama untuk pemulihan ini?….. trimakasih pa.. Tuhan memberkati

    • iwan says:

      Terimakasih komentarnya. jgn terlalu dipikirkan! istirahat dua minggu sdh cukup sambil mengamati perkembangan pencernaan; memang mulai sekarang harus membatasi lemak-lemak. satu bulan sd bisa beraktivitas normal. smg sgr pulih, berdoa kepada Tuhan. salam

  9. pak cah says:

    Masyaallah, subhanallah….
    I’m sorry UPIN, saya baru menjelajah web dan menemukan kisah ini sekarang…
    Sembilan bulan bersahabat, saya belum mengetahui kondisi ini…. I’m so sorry….

  10. afniwidya says:

    kita senasip mudah mudahan hidup kita akan lebih baik

  11. fara says:

    papa aku baru oprasi pengangkatan kantung empedu juga, ga tega liatnya, ga bisa beraktivitas sperti biasa, pulihnya memang lama ya?

    • iwan says:

      jangan kuatir, tidak usah takut, nanti malah jadi kepikiran. Tetap semangat, dua minggu sudah pulih. Bisa hidup normal. Banyak minum air putih supaya luka operasi cepat pulih. Banyak makan sayur dan buah. salam utk orang tua, smg lekas sembuh

  12. ALI says:

    Dear Pak, trims utk ceritanya ini share buat adik sy yg juga br operasi empedu. Baru keluar RS 2 hari trs cb perlahan mulai rutinitas termasuk makan. Tapi kok keluhannya malah kembung ya Pak, Kasihan sampai putus asa (“gelo”) kok malah susah makan ya. Apa mmg awal2x begitu ya Pak. Matur nuwun utk blognya yg menguatkan :)

    • Iwan Nugroho says:

      Sabar mas Ali. Memang ada kembung pasca operasi. Nggak usah dipikirkan. Itu adaptasi saja. Sejalan dg sembuhnya jahitan .. rasa kembungnya akan hilang. Banyak minum air putih untuk mempercepat pemulihan jaringan operasi. Bila tubuh terasa demam segera minum air putih. banyak makan buah khususnya apel. Jangan makan gorengan. Dalam satu bulan jgn beraktivitas fisik terlalu berat. berikan motivasi kpd adik utk bangkit. Hidup tanpa empedu ternyata masih bisa hidup normal. Pengalaman saya, operasi bulan Februari… pada bulan Mei sy naik ke gunung Bromo, bulan Juni sudah ikut outbond naik gunung (di Lido, Bogor) semalaman. salam utk adik dan keluarga

  13. Ronald says:

    Pak iwan,
    Salam kenal, tanggal 5 April 2011 saya operasi pangangkatan kantung empedu dan ditemukan banyak polyp (bukan batu) dalam kantung empedu. Sekarang dalam proses pemulihan hampir setiap hari perut saya terasa kembung dan sementara makan bubur, bagaimana dengan pengalaman bapak apakah bisa share selama 2 minggu pasca operasi apa yang bapak alami>

    Salam

    Ronald

    • Iwan Nugroho says:

      Terimakasih mas Ronald telah mengunjungi blog ini. Kita senasib, dan banyak orang senasib dg kita. Tidak usah kuatir dg kembung, nanti berangsur hilang karena masih adaptasi dengan keadaan saluran pencernaan (tanpa empedu) maupun penyembuhan luka operasi. Banyak minum air putih, makan buah apel, hindari gorengan. Tetap semangat. Kita masih bisa memberi manfaat. Smg lekas sembuh.

    • Wijoyo says:

      halo Pak Iwan dan Pak Ronald,

      Salam kenal. Nama saya Wijoyo. Saya sudah 6 tahun ini sering sakit pada bagian ulu hati yang kambuh2-an. Cek ke dokter spesialis penyakit dalam, katanya sakit mag biasa dan diberi obat mag. Memang setelah saya makan obat mag yang diberikan oleh dokter, sakit saya berangsung2 hilang dan saya anggap “sakit mag” saya sembuh. Karena sudah seringnya saya ke dokter itu setiap kali saya “sakit mag” dan diberi obat yang sama yang jg manjur, saya selalu simpan resep obat dokter tsb utk membeli obat sendiri apabila “sakit mag” lagi.

      Tetapi sudah 3 minggu belakangan ini, saya merasakan panas di bagian ulu hati, rasanya seperti ada cairan asam yang menggerus2 ulu hati saya. Saya sudah makan obat “sakit mag” yang biasanya, ternyata tidak manjur. Lalu saya teringat artikel tentang penyakit batu empedu yang gejalanya mirip sakit mag. Maka saya pergi cek ke dokter lain, dan memberitahu dokter itu ttg kecurigaan saya terhadap penyakit batu empedu. Oleh dokter, saya disarankan utk USG, cek darah lengkap dan cek urin lengkap.

      Dari hasil USG ternyata kantung empedu saya mengalami pembesaran. Normalnya berukuran 3x7cm, punya saya berukuran 4x9cm. Diagnosa: ada polip di kantung empedu saya. Tidak ada tanda2 batu empedu. Oleh dokter, saya cuma diberi obat minum utk membantu kelancaran percernaan utk 30 hari, tetapi saya mau stop walaupun baru minum selama 7 hari karenakondisi saya tdk jg membaik.

      Hasil cek darah dan urin menyatakan saya sehat2 saja. Hanya kolesterol total 125, yang berarti mendekati optimal. kata dokter, saya sehat2 saja dan dianjurkan utk terus minum obat, jangan banyak pikiran, dan jaga makanan.

      Kalau bisa, saya ingin bertanya kepada pak Ronald, karena kondisinya yg paling mirip dgn kondisi saya. Mohon saya diberi tahu email pak Ronald. Atau bolehkah saya bertanya kepadanya melalui blog ini, pak Iwan? Terima kasih sebelumnya.

      • Iwan Nugroho says:

        Pak wijoyo, smg bapak bersabar dengan cobaan kesehatan, terus berpikir positif; cukup istirahat. berikut email pak ronald. silakan reply komentar pak ronald di blog ini, atau email ke beliau ronaldrusco@gmail.com. salam

      • Ronald Rusco says:

        Salam Pak Wijoyo
        Keluhan yang saya alami sama seperti yg bapak rasakan juga dimulai dari rasa sakit di ulu hati yang mana awalnya dokter mendiagnosis adalah terjadi infeksi pada saluran yang menuju lambung diberikan obat terapi sakitnya tidak kunjung sembuh. Setelah beberapa bulan sakitnya tiba2 menghilang dengan sendirinya sehingga saya pikir telah sembuh. Berselang setahun saya mengalami keluhan sering lemas dan kencing berubah warna menjadi keruh mata mulai kuning saya ke dr dan di cek sgot dan sgpt naik lebih 600 Dr sarankan u opname. Waktu di Rs dan cek lab serta USG ketahuan empedu saya ada batu ( Dr mendiagnosis awal adalah batu) empedu tidak membesar cuma batu multi ukuran paling besar 18mm. Diagnosis Dr sakit kuning yang saya alami karena ada infeksi pada empedu yg menyebabkan hati ikut pengaruh oleh Dr setelah sembuh dari sakit kuning disarankan untuk operasi. Operasi baru saya lakukan setahun setelahnya. Ternyata setelah operasi bukan batu melainkan polip.
        Saya operasi di RS rkz Surabaya Dr bedah Paulus Sutanto dan internist Dr Dany. Sebulan setelah operasi sudah normal kembali dan aktivitas seperti semula cuma makan yg dijaga supaya lemak dikurangi.
        Kalo bapak butuh yg lain bisa hubungi saya

        Salam

        Ronald

      • Iwan Nugroho says:

        terimakasih pak Ronald, ikut senang bapak sudah beraktifitas kembali, tetap jaga kesehatan, istirahat cukup. Smg pak Wijoyo juga lebih tenang dan paham dg penjelasan anda

      • Wijoyo says:

        Terima kasih saya utk Pak Ronald yag mau sharing keadaannya pada waktu masih sakit. Hal ini benar2 membantu saya dalam mengurangi stress pikiran2 buruk yang terjadi pada saya.
        Kata dokter saya, kalau banyak stress pikiran, memang bisa berakibat buruk pada tubuh.
        Sementara ini kondisi saya masih baik. Saya tidak mengalami sakit kuning. Tetapi info Anda sangat berharga untuk diketahui.
        Terima kasih jg utk Pak Iwan yang membuat webblog ini dan mau memberitahu saya alamat email Pak Ronald.
        Semoga kalian dan para pembaca semuanya diberkati kesehatan selalu olehNya.

        Salam,
        Wijoyo

  14. Ronald says:

    Hallo mas Iwan
    Gimana kabarnya? gak terasa udah 1 bulan lebih 20 hari saya menjalani hidup tanpa empedu, ternyata pikiran yang positif membantu pemulihan tubuh kita lebih cepat lagi. Tanggal 10 Mei atau sebulan 5 hari setelah operasi saya dinas keluar negeri selama 9 hari ke China pertama2 timbul was2 apakah saya bisa beradaptasi puji Tuhan saya bisa melewatinya dengan baik padahal makanan disana banyak lemaknya. Sekarang ini hampir tidak ada gangguan yang berati dengan pencernaan saya moga-moga bisa terus seperti ini. Saran saya untuk yang telah menjalani operasi empedu jalani hidup ini dengan pikiran positif, tidak ada yg bisa menghalangi untuk hari esok kita yang lebih baik, selalu berserah pada Tuhan

    • Iwan Nugroho says:

      Mas ronald, sy ikut senang. dg berpikir positif kita bisa tetap semangat, sehat dan bermanfaat. smg sukses dlm karir dan keluarga. salam utk keluarga

    • Pebriaani says:

      Saya bln 11 kemaren oprasi batu empedu,dan prsnn saya ampek skrg kok msh lemas aja,apa ndk bs ikan di goreng ya?walaw pun pake minyak non lemak,dan tdk lambung saya jg brmslh saya srg mual dan prsnn saya trkdg jg tdk tng,ampek brp lm sih biar normal sprt semula.

      • Iwan Nugroho says:

        sabar ya,.. tetap berpikir positif, ikhlas, dan memohon doa untuk sembuh. Tetap semangan dan bermanfaat. banyak minum air putih, makan buah dan sayur

  15. suryani says:

    malam pak iwan,
    mama saya udah 5 bulan setlh operasi empedu,tapi selama 5 bulan ini g
    blm bisa hidup normal,msh sering diare kalo makan pdhl ga makan yg berlemak dan berminyak. kdg sehari bisa diare sampe puluhan x. apakah perlu cek lab lagi pak? apa ini wajar?? trima kasih atas bantuannya.

  16. adi says:

    pagi omm iwan, istri saya kemarin pagi menjalani operasi pengangkatan empedu. dan dalam prosesnya semua berjalan lancar walau agak lebih lama dari biasanya kira2 1 jam tindakan dan 2 jam diruang pengawasan. mohon beri tip hidup sehat tanpa empedu soalnya istri saya sering khawatir “bagaimana kedepannya nanti tanpa empedu, apa yg mesti dijaga dan dilakukan”. makasih omm

    • Iwan Nugroho says:

      kita dan banyak orang bisa hidup tanpa empedu. Jangan terlalu kuatir. Biasa saja. Berpikir positif. Membatasi lemak memang ya, tetapi tidak harus memaksa diri. Tubuh akan menyesuaikan diri dg keadaan tanpa empedu. sebaiknya gorengan dibatasi. minum air putih yang cukup dan banyak-2 buah/atau sayur. Apel sangat baik. smg pulih kembali, semangat dan bermanfaat. salam

  17. eva meliana says:

    saya baru sebulan yg lalu menjalani operasi pengangkatan empedu dgn jumlah batu 4 besar. Membaca artikel saudara saya senang dan akan lebih senang lagi bila anda menulis lagi pengalaman hidup anda setahun ini tanpa empedu. Mungkin akan lebih memberikan semangar hidup buat saya. Semoga anda sehat selalu

    • Iwan Nugroho says:

      Ibu Eva, terimakasih mengunjungi blog ini. saya lebih dari setahun hidup tanpa empedu. Saya sangat bersyukur. Saya bahkan lupa.. dengan melakukan tugas fisik berat. sehingga capai.. itu karena memang usia sdh tdk muda lagi. Saya makan dan minum normal, tapi memang saya tidak lagi makan yang berlemak. Saya senang buah apel. Istri sering membuatkan jus apel, tomat, wortel. Lebih penting dari itu, adalah berpikir positif, pasrah, ikhlas. Saya beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Semoga anda tetap sehat dan bermanfaat. Salam.

      • eva meliana says:

        Terima kasih atas balasan anda. saya seorang guru, ke 3 anak saya masih di bawah 12 thn, bahkan ada yg masih usia 3 thn. Dukungan anda sangat memberi semangat pada saya, membuat makin dekat dengan Allah SWT.

      • Iwan Nugroho says:

        Tetap tabah dan semangat bu. Allah melindungi ibu dan keluarga

  18. HERNA NOUT says:

    saya baru di lakukan operasi batu empedu.dgn laparascopy tgl,6 juli 2011…dn semoga nanti sy bsa beraktifitas seperti sedia kala

  19. Jepha Jpr says:

    pak iwan saya tgl 29 july 2011 operasi kantung empedu di jayapura..skg saya lagi pemulihan di rumah…saya memang sebelum itu kekhwatiran selalu ada sampai sekarang ??/

    • Iwan Nugroho says:

      pak Jepha smg segera pulih dan beraktivitas kembali. Anda masih bisa beraktifitas normal. Jangan terlalu berpikir, Tetap semangat, terus berpikir positif; salam

      • Jepha Jpr says:

        tks pak oyah pak ntuk cara pola makan kita bgm yangbaik pak iwan ?

      • Iwan Nugroho says:

        kurangi makan yg berlemak. silakan makan apa saja, sebaiknya banyak sayur dan buah. Tetap berpikir positif utk sebuh, kita masih bisa sehat dan bermanfaat asal tetap semangat. terimakasih

  20. samsyul says:

    ibu saya sudah melakukan operasi pengangkatan kantong empedu skitar 3 bulan lalu…sampai sekarangi belum bisa menjaga pola makan

    apakah makan gorengan tidak masalah?(seperti tahu tempe dan ikan untuk lauk)

    • Iwan Nugroho says:

      tiga bulan sdh cukup utk pemulihan. kalau memang saat ini dg tempe, atau lauk goreng sdh merasa nyaman, berarti ibu anda sdh sehat. Yang penting tetap semangat, banyak minum air putih, sayur dan buah. Yg penting ibu anda merasa nyaman.

      • Jepha Jpr says:

        Pak iwan pengalaman bapak ??? saya pengakatan kantung empedu tgl 29 july 2011.dan saya skg lg pemulihan ??? menurut bapak sampai kapan saya bias normal kembali ????

      • Iwan Nugroho says:

        dua minggu setelah operasi saya sdh masuk kantor, satu bulan sudah pulih

  21. samsyul says:

    bapak sendiri setelah berapa lama mulai merasa sehat pulih kembali?

    • Iwan Nugroho says:

      Seingat saya, satu bulan sdh pulih. beraktifitas normal, dengan cukup untuk waktu istirahat. Banyak-2 konsumsi sayur dan buah, minum air putih yang banyak. terimakasih pak samsyul

  22. samini says:

    Saya ibu rmh tangga telah melakukan operasi skitar 4 bulan yg lalu,sampai skrg saya msh takut makan makanan gorengan. Pengalaman bapak slm 1 tahun ini bagaimang dgn makanan gorengan?apakah msh mengkonsumsi atau berhenti sma sekali? Terimakasih

    • Iwan Nugroho says:

      Hidup di Indonesia memang penuh dg menu gorengan. Terkadang kalau makan di luar rumah, tidak ada pilihan lain. Saya juga makan gorengan,, tapi saya batasi. Kuah santan saya hindari. Saya kompensasi dengan banyak makan buah dan sayur. minum air yang banyak. Jangan terlalu capai, istirahat cukup. Semoga ibu kembali sehat dan beraktivitas lebih produktif. Terimakasih mengunjungi blog ini

  23. Jepha Jpr says:

    ok pak iwan tks memang saya throma dan jahitan saya panjang15 cm panjang banget..tapi saya bantu dgn obat cina shg jahitannya udah tertutup…tp ada jahitan yang ada terbuka kira 1 cm yang mana pada tgl 2 september akan di jahit kembali oleh dr bedah …

  24. Saya juga hidup tanpa batu empedu sejak bulan Juni 2008….Rasanya memang badan cepat capek. dan kulit perut sebelah kanan agak lebih menonjol sedikit…Sya pikir ini karena efek bedahnya..Selebihnya saya merasa sehat dari tahun tahun sebelumnya…Dulu rasa sakit sakit selalu muncul setiap tahun..biasanya pada setiap bulan Mei…mungkin karena bulan itu di kantor sangat sibuk..

  25. tisna says:

    sejak tahun 2008, saya mengalami kembung perut dan terasa penuh dada kanan atas, hasil USG dari RS cipto jakarta saya dinyatakan multiple polip gallblader/polip dikantung empedu, sekarang perut terasa ada yang mengganjal dan BAB selalu mencret, cepat cape dan mudah lelah, disekitar perut panas/demam dan perut sedikit buncit, bagaimana saya seharusnya?????

  26. Meifiyan Zakiah says:

    Bapak saya baru menjalani operasi kantung empedu sekitar seminggu yg lalu… sebelum operasi bapak saya memiliki kebiasaan merokok dan minum kopi.. setelah operasi ini kebiasaan minum kopi dilanjutkan kembali… bagaimana menurut bapak? mohon sarannya.. makasi

    • Iwan Nugroho says:

      maaf bu Zakiah, sy tidak mengetahui tentang hub antara kebiasaan merokok dan empedu. Kebetulan Saya tidak merokok. Sebaiknya dikonsultasi ke dokter. Semoga ayahanda senantiasa sehat, istirahat cukup, banyak minum air putih agar jahitan operasi stabil.. Terimakasih mengunjungi blog ini. Salam.

      • meifiyan zakiah says:

        makasi ya mas… ada lg nih yg mau sy tanya… bapak sy ini mulai minta makan kambing… namun setelah makan beliau mulai mencret2…. apakah ada pengaruh dari daging kambing tsb?? tolong informasinya tentang makanan yg boleh dimakan dan yg tidak boleh…. makasi..

      • Iwan Nugroho says:

        sebaiknya bertahap makan daging, spy pencernaan tidak kaget, sambil melihat penyesuaian tubuh, sebaiknya banyak air putih dan buah/sayur

  27. ifa says:

    Selama hampir 10 hari mengalami panas tinggi. Akhirnya adik saya di diaknosa kantung empedunya robek dan harus segera di operasi. Dan tiga hari lalu adik laki-laki saya menjalani operasi. yang saya khawatirkan jenis makanan yang harus dkonsumsi, mengingat adik saya masih berusia 11 tahun. Dan dalam masa pertumbuhan. Kiranya bapak bisa memberikan daftar jenis makanan yang baik dan yang harus dihindari untuk dikonsumsi..

    • Iwan Nugroho says:

      kami bisa memahami perasaan ibu ifa. intinya konsumsi makanan harus sehat, dan tidak berlebihan dalam lemak. Lebih baik makan sayur dan buah; sy suka jeruk atau apel. Insya Allah tubuh akan memulihkan dg kondisi sekarang. Tetap semangat. Salam

  28. rais kari says:

    saya operasi pengangkatan kantung empedu bulan desember tahun 2006 di penang karena adanya tumor di usus halus ( duodenum ) sehingga harus diangkat bersama dengan empedu dan sedikit pankreas, namun saat ini saya sudah merasa nyaman dan makan secara normal. memang kalau kerja terlalu berat mudah capek dan kalau terlalu banyak makan berlemak seperti santan akan menyebabkan mencret, yang saya belum tahu apakah efek jangka panjangnya terhadap usus besar kalau sering mencret, apakah itu akan membawa dampak buruk dalam jangka panjang.

    • Iwan Nugroho says:

      pak Rais, banyak orang yang senasib dengan kita. Yang penting berpikir positif, jaga stamina, istirahat cukup, makanan/minuman yang sehat; Tetap semangat dan bermanfaat utk orang lain. terimakasih mengunjungi blog ini

  29. nenknunk says:

    Hari ini sya mnunggu kputusan dr bedah ttg operasi pengangkatan kantung empedu saya yg banyak batu di muaranya. Yg bwt sya khwtr saat ini sya baru mmliki 1 org anak dan anak sya baru berumur 3 bln lebih…apakah nti mmpengaruhi asi sya ya dan apakah nti ada hmbatan apabila sya ingin mmliki anak lagi???mhon sharing nya ya…

  30. herwinapuspita says:

    Sy seorang ibu rumah tangga berusia 38 thn. tgl 7 Nov 2011 yg lalu sy menjalani operasi pengangkatan kantung empedu. 2 minggu setelah operasi sy sdh kembali kerja meskipun kerja ringan. setelah 1 bln kadang2 sy msh suka merasakan nyeri di jahitannya. apakah memang seperti itu dan sampai kapan ? senang rasanya bisa berbagi……sebelumnya terima kasih atas jawabannya…….

    • Iwan Nugroho says:

      Maaf sy baru pulang haji, ini baru merespon. bu herwina, smg ibu sgr pulih dan beraktivitas. smg luka jahitan sgr pulih. rasa nyeri itu normal asal tdk ada gejala warna merah, bengkak atau infeksi. segera ke dokter kembali. banyak-2 minum air puti dan makan apel/tomat/buah segar lain; agar supaya luka jahitan segera kuat. salam

  31. afrizal says:

    salam kenal pak iwan.dua tahun yang lalu ibu saya didiagnosis batu empedu.waktu itu dokter menyarankan operasi.tapi kami memilih untuk cari alaternatif herbal.apakah setelah pengangkatan empedu kita diwajibkan makan obat-obatan khusus dari dokter seumur hidup.apa benar ada 2macam operasi? mana yang bagus?

    • Iwan Nugroho says:

      Pak Afrizal, bila sdh operasi pengangkatan empedu pada dasarnya sudah sembuh; dan selesai; bisa hidup normal tanpa mengkonsumsi obat-obatan. seperti yang sdh saya alami, alhamdulillah.
      pengobatan alternatif seperti herbal sejauh yg sy tahu senantiasa berlawanan dengan medis; tidak pernah disarankan dokter. Pengobatan alternatif herbal biasanya berlangsung lama dan tidak pasti; ada efek samping ke ginjal dll. Pasien akan menderita berkepanjangan; keluarga kepikiran terus; membutuhkan biaya yang justru lebih besar.

      • nur says:

        makasih bisa sharing, intinya adl hati2 menjaga pola makan, ibu saya sudah 10 th tdk punya empedu krn ada batu dan harus diangkat, sekarang sedang mengalami masalah karena pankreas mengecil sehingga fungsinya menjadi berkurang, bekas operasi jg sering mengalami peradangan krn alat pengolah lemaknya sdh tdk ada, mohon hati2 sekali dlm konsumsi mkanan trims

      • Iwan Nugroho says:

        terimakasih ibu nur atas komentarnya; sangat bermakna dan bermanfaat. Saya akan perhatikan. Semoga ibunda sabar dan segera pulih

  32. afrizal says:

    apakah ada pengobatan alternatif atau herbal selain operasi?

  33. Siti Choiriyah says:

    Krn pertanyaan Mas Afrizal blm di respon sm Pak Iwan maka mohon ijinkan saya sharing pengalaman trhdp Mas Rizal (sy operasi 16-8-2011). Mas Rizal, Jika saran Dokter Ibu anda untuk sgr di operasi(di angkat empedunya) maka lakukan karena Dokter lebih berpengalaman dengan penyakit tsb. dan lebih tahu ukurannya apakah empedunya di angkat atau hanya diambil batunya saja, tdk usah takut dan tdk pke konsumsi obat2an 2 minggu pasca operasi hanya jika terjadi infeksi konsulkan pada Dokter (ciri infeksi berupa BAB nya berwarna putih agak kekuning2an dalam bentuk cair) atau mungkin keluhan yg lain. bahkan Dokter sarankan sy untuk tdk konsumsi obat2an lg.Herbal hanya menunda saja tdk mampu menghancurkan batu dlm ukran tertentu, alternatif sy sudah lakukan tdk berefek sm skl.sy sering konsumsi persis spt Pak Iwan yaitu dg juice apel,tomat dan wortel, air putih, sayuran serta berusaha hindari yg berlemak dan makanan instant…..meski kadang2 sy agak sembrono dg apa yang sy makan yg berakibat perut sakit dan langsung BAB(dlm bentuk cair) tp ga usah takut tetap semangat dan hidup sehat. OK!

  34. Lingga says:

    Saya jg bernasib sama dgn anda pak..januari 2010 tepat umur sy menginjak 29th telah menjalani operasi batu ampedu sbsar 1,6cm dlm kantong ampedu…awalnya sy jg slalu ktakutan,tentang orang hidup tanpa ampedu,tp stlh sy konsultasi dgn dokter,kt akan hidup normal spt biasa,hanya tinggal pola hidup n pola makan agak sedikit berubah,karena dlm tubuh kita ada sudah tdk ada penyaring makanan n minuman yg akn di proses oleh tubuh…dan sampai skrng alhamdulilah tdk ada keluhan2 stlh ampedu sy di angkat…salam sehat slalu dr saya…

    • Iwan Nugroho says:

      mohon maaf, terlambat balas pak lingga. Saya ikut senang, mari kita cerahkan saudara kita yang punya pengalaman yang sama. Kita masih bisa hidup sehat dan bermanfaat

  35. titik says:

    Saya karyawan 35 thn, ibu dari 3 anak. awal bulan maret 2011, saya operasi pengangkatan empedu. Namun sampai sekarang kok masih merasakan mual setelah makan makanan ya pak? Dan berat badan saya juga tidak stabil, kadang naik, kadang turun, tapi kebanyakan turunnya. Apakah bapak juga masih merasa mual sehabis makan makanan?

    • Iwan Nugroho says:

      Alhamdulillah saya baik, tidak ada mual; sudah normal. Ibu banyak minum air putih, buah dan sayur. Ibu tidak perlu cemas atau kepikiran. Coba berpikir positif, banyak berdoa dan ikhlas untuk sembuh. Saran saya ibu konsul ke dokter lagi ttg mual-2 itu. Smg segera pulih. Salam

  36. titik says:

    matur nuwun pak….

  37. aslm pak,,
    saya ingin bertanya, apakah setelah menjali operasi pengangkatan empedu kelak hidup kita nggak akan lama lagi…karna banyak yang meninggal setelah tidaklama pengangkatan kantung empedu..
    trima kasih pak :)

    • Iwan Nugroho says:

      Waalaikumsalam mbak nur. Tentang hidup dan mati itu kehendak Allah. Banyak juga yg cerita bisa umur panjang seperti yg disampaikan komentar lain di tulisan ini. Kalau empedu sudah diambil, maka fungsinya digantikan oleh hati. Karena itu kami mencoba mengkonsumsi makanan yang sehat, lemak tidak berlebihan, dan berdoa agar sehat. Terimakasih atas komentarnya

  38. lusi noviani says:

    ass..pak iwan sy pun d diagnosa ad batu uk 0,5cm..multi batu pak kt dk br…sy hr senin mw konsul k dk spesialis bedah unt tindakan selanjutnya..mhm doanya pak jikalau sy positip d operasi …

  39. Melina Ernomo says:

    Selamat siang Pak Iwan, Saya Melina, umur saya 21 tahun, 5 hari yang lalu saya menjalani operasi pengangkatan kantung empedu menggunakan teknik laparoscopy. Yang ingin saya tanyakan, mengapa pasca operasi, perut saya jadi membesar seperti buncit dan kaku? Apakah ini berbahaya? Dan bagaimana mengurangi buncit ini? Terima kasih pak :)

    • Iwan Nugroho says:

      Ibu Melina, smg sehat-sehat. Sy juga mengalaminya. di atas jahitan sedikit terangkat… tapi baik-baik saja Lebih jelasnya konsul ke dokter

  40. Tutty Hanggodo says:

    Haluuu….pak Iwan & rekan 2
    Saya tgl 17 mart 2012 operasi batu empedu… DiUSG ada batu sebesar 0,9 x I,2 cm dan 3 batu ukuran 2mm.Tadi Nya sy takut utk opr.. Sudah terapi jus apel terapi jus tomat Belanda.tapi tdk berhasil . Rasa nya sekarang blm nyaman masih kembung , rasa nya sering seperti laper, apakah krn sy masih jaga makan dgn biubur ato Nasi tim . memang sy jaga makan no goreng no lemak, masih takut sampai kapan ya Kira 2 sy bisa nyaman Dan beraktivitas,normal… Saya masih terasa cepet capek. Apakah setiap org .. Yang dirasakan Dan lama nya kesembuhan lain 2? Kalo sy dalam wkt 2mgg setelah opr pergi keluar kota..apakah ada resiko?

    • Iwan Nugroho says:

      Ibu Tutty, smg ibu diberi kesabaran. sebaiknya ibu ikuti nasehat dokter, yakin dg nasehat dokter. Tidak usah takut dg operasi; sdh banyak yang menjalaninya dan sembuh. Pemulihan setelah operasi tergantung kondisi, dalam waktu seminggu jahitan sdh kering.

  41. Ukie says:

    Ass wr wb salam kenal mas iwan nama saya ukie, saya baru seminggu melakukan operasi kantung empedu, yg saya alami masih merasa kembung diperut dan sering buang gas apakah mas iwan juga seperti itu ? Semoga mas iwan dalam keadaan sehat walafiat

    • Iwan Nugroho says:

      mas Ukie, memang demikian. tdk kuatir. mulai belajar menghindar dari gorengan. banyak minum air putih dan buah. Apel sangat baik. Smg pulih kembali. Tetap semangat, sehat dan bermanfaat. smg sukses

  42. Ukie says:

    Terimakasih mas iwan sukses selalu dan tetap semangat :)

  43. sheedy says:

    salam kenal pak iwan, saya br 1bln ini di angkat kantong empedu saya, dan selama 2 mingggu saya jaga makan, dan 2 minggu ini saya cb makan normal, tp saya jd lebih sering sariawan, apa pak iwan jg mengalami hal yg sama ? dan bab saya kadang lancar, kadang 1hr tdk bab. apa pak iwan jg mengalami hal yg sama ? trima kasih sebelumnya, pak…

    • Iwan Nugroho says:

      terimakasih; smg anda segera pulih dan beraktivitas normal. banyak minum air putih, biasakan makan apel, bisa dicampur/jus dengan apel dan tomat; diminum dengan ampasnya. salam

  44. sheedy says:

    terima kasih, mas iwan…sekedar curhat aja buat yg uda operasi…saya waktu itu operasi laparoskopi, dan saya sempet msh kembung 2 mgg, dan makan saya jaga total, berat badan saya sampai turun 20 kg, dan saya skrg cb makan normal, tp memang agak susah buat naik lg, krn makan ga berani macam2…saya ga tau apa sama spt mas iwan/ teman2 yg lain…tp setelah saya baca blog ini, saya jd yakin tdk akan ada efek yg parah walau kantong empedu saya sdh tdk ada…1x lg, terima kasih mas iwan dan teman2 lainnya…salam

  45. safura says:

    pak… org tua saya baru 1 minggu d operasi batu di empedu, empedunya sudah di potong,, jd mkanan yg hrus gmna msti di komsumsi… Trimks

    • Iwan Nugroho says:

      makan biasa saja, membatasi lemak, banyak makan buah dan minum air putih. Tetap semangat, berpikir positif, memohon kepada Tuhan, kita masih bisa hidup normal dan bermanfaat utk orang lain. salam

  46. dhedy says:

    terima kasih pak informasinya…..sangat berguna untuk pasca operasi mertua saya…..

  47. wiwik says:

    Terima kasih Pak Iwan dan bapak ibu semua atas sharingnya. Saya jadi bersemangat lagi; setelah ops laparoskopi batu empedu minggu lalu. Semoga Bapak dan keluarga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat. Salam…

  48. Lailun Kamal says:

    Salam kenal pak iwan
    kandung empedu saya di anggkat tanggal 10 April di Penang di Adventist Hospital Penang, Malaysia. pasca operasi selera makan saya tinggi sekali apakah ada pengaruhnya pasca operasi tersebut. Dan saya sudah melakukan olah raga ringan(jogging). sekedar berbagi saja, kata dokter olah raga ringan sudah boleh dilakukan setelah satu minggu operasi dan olah raga berat bisa dilakukan setelah satu bulan operasi dan kondisi saya InsyaAllah semakin membaik>>> semoga Allah selalu memberi kesehatan buat kita semua………Amin

    • Iwan Nugroho says:

      Alhamdulillah ibu sdh pulih, benar kata dokter. Senang mendengarnta. selamat beraktivitas, cukup istirahat, banyak makan buah. smg sukses. Tetap sehat, semangat dan bermanfaat

  49. batu empedu? hati-hati dengan makanan..

  50. keishya says:

    pak waktu operasi biayanya hbs brp? dan brp lama. krn sy jg dianjurkan operasi, tp msh ragu.

    • Iwan Nugroho says:

      operasi selama 1 jam, bermalam di RS tiga hari, atau bisa lebih cepat, ttg biaya tergantung klas dan RS

      • Bunny Teh says:

        Tgl 21 juni 2012 saya operasi di penang biaya sekitar 15 juta termasuk biaya kamar 1 hr

      • Bunny Teh says:

        bulan lalu saya operasi di penang sekitar 12 jutaan udh termasuk biaya rs 1 malam… setelah operasi besok nya udah di boleh kan dokter keluar dari RS cuman lusa nya harus kontrol dan setelah itu di bolehin pulang ke indonesia

      • Iwan Nugroho says:

        terimakasih atas sharing, smg bermanfaat untuk pembaca. nampaknya biaya operasi di Penang, Malaysia lebih murah dibanding Indonesia. Biaya operasi di Indonesia sekitar 15 hingga 20 juta. semoga selalu sehat

  51. dudi says:

    Perkenalkan nama saya Dudi Rudianto, hari Kamis yang lalu tanggal 14 Juni 2012 ( 5 hari yang lalu) saya telah menjalani operasi pengangkatan kandung empedu. Saat ini saya masih recovery dan saya berharap beberapa hari ini saya segera bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala mengajar, dan melakukan asesmen ke beberapa tempat di luar kota. Karena saya masih merasa cepat lelah dan lemas. Kira-kira makanan apa yg harus sy konsumsi untuk mempercepat pemulihan. tks

    • Iwan Nugroho says:

      Sy jg mengalami hal sama, mudah capai. sebaiknya dihindari kegiatan fisik yang berat. Sy hanya olah raga jalan kaki. Banyak minum air putih, buah apel sangat baik. Stamina harus dijaga, tetap semangat, hidup sehat dan bermanfaat

  52. raflee says:

    apakah operasi kantung empedu selalu dengan pengangkatan empedu ?? kalo diambil batunya saja bisa ngga dan apa resikonya ? saya agak curiga ada gejala batu empedu, kalo makan sering kembung tapi kadang hilang, kadang timbul lagi, kadang meriang tapi entah karena empedu atau cuaca panas.

    • Iwan Nugroho says:

      mas, gejala itu sama dg yg saya alami dulu. segera ke dokter internis, periksa USG. menurut dokter batu diambil dengan kantungnya. kantungnya sangat tipis, mudah pecah. jgn terlambat, jgn membiarkan meriang terus menerus,

  53. Bunny Teh says:

    Pak Iwan, Tanggal 21 Juni 2012 saya juga baru melakukan operasi pengangkatan empedu di penang tanggal 22 juni 2012 saya sudah di perboleh kan keluar dari rumah sakit dan tanggal 23 juni 2012 saya sudah balik ke medan.. awalnya perut rasanya suka kembung dan setelah makan rasanya pengen BAB.. sampai saat ini tgl 26 Juni 2012 maseh kerasa seperti itu, sementara ini saya belum makan nasi, banyakan bubur dan bihun kuah.. kalau 3 luka operasi emang sudah tidak kerasa sakit sejak 3 hari pasca operasi tapi maseh di tutupi plaster rs.. aktivitas juga mulai berjalan normal tapi maseh saya batasi dulu.. yang selalu saya pikir kan tanpa empedu ke depan nya apa saja yang menjadi halangan baik sisi kesehatan dan tampilan fisik.. kalau menurut dokter nya tidak ada pantangan apapun dalam sisi makanan dan layaknya manusia yang mempunyai empedu bisa beraktivitas normal

    • Iwan Nugroho says:

      smg anda segera pulih. dlm pemulihan ini, memang ada mekanisme baru di pencernaan, nanti akan normal. sebaiknya dihindari kegiatan fisik paling tidak satu bulan. Banyak minum air putih, buah apel sangat baik. Diusahakan mulai sekarang kurangi lemak. Stamina harus dijaga, tetap semangat, kita masih bisa hidup sehat dan bermanfaat

  54. saya barusan dioperasi tgl 23 juni 2012, sekarang baru tahap pemulihan. rasanya buang air jadi encer terus.

    • Iwan Nugroho says:

      pak Haris, memang masih dlm transisi. sy dulu pun demikian, nanti normal lagi. banyak minum air putih, supaya metabolisme tubuh lancar, sebulan ini hindari kegiatan fisik yang berat. tetap sehat dan semoga sukses

  55. anita agustinea says:

    Pak Iwan,rabu kmrn tgl 27 juni saya operasi pengangkatan empedu,krn ada Batu sebesar 2cm,diempedu saya Yang ingin saya tanyakan mengapa saya Susah bab ya pak?apakah saya kurang minum air putih ya..pak?terus luka jaitan bks operasi bisa sembuh berapa lama pak?mohon jawabannya dari bpk.terimakasih yaa pak.gbu.

    • Iwan Nugroho says:

      setiap orang ber-beda2 reaksi. jahitan sdh sembuh dalam dua minggu. minum air putih yang banyak utk mendukung metabolisme tubuh. batasi lemak dulu. buah apel campur wortel dijus, dimnium dengan ampasnya, sangat baik utk pencernaan makanan, termasuk memperbaiki BAB. smg segera pulih. jgn terlalu cemas. berdoa kepada tuhan. kita bisa hidup sehat dan bermanfaat

      • Bunny Teh says:

        kalau yang saya alami di hari ke 3 setelah operasi BAB malah encer terus dan berulang ulang setelah habis makan tapi sekarang udah mulai normal

  56. Alhamdulillah, setelah kontrol kemarin, dokter internist dan dokter bedah menyatakan semuanya baik-baik saja. Hari ini saya pertama kali ngantor lagi. BAB sudah dua kali agak padat walo masih sering encer. Saya berusaha banyak minum dan makan buah terutama apel seperti yang bapak anjurkan. Semoga segala sesuatunya berjalan lancar dan saya dapat beraktivitas normal kembali.

  57. wenny says:

    Saya tgl 22 juni kemarin menjalani operasi pengangkatan kantung empedu dg laparoscopy di rs khucing. Luka operasi hampir sembuh dan bab jg tidak ada masalah. Yang menjadi keluhan saya adalah rasa sebah, kembung, penuh di perut, napas terasa agak sesak,serta rasa nyeri di sebelah kiri agak belakang. Keluhan ini saya rasakan sesudah makan, baik sebelum operasi maupun sesudah operasi. Mohon sharingnya pak, apakah bapak juga merasakan yang demikian? Terima kasih.

    • Iwan Nugroho says:

      Bu Wenny, setelah operasi, sy tdk lagi mengalami keluhan kembung atau penuh di perut. sebaiknya ibu ke dokter utk memastikannya. smg segera pulih bu

      • Bunny Teh says:

        Bu wenny, saya juga melakukan nya tgl 21 juni 2012 dan hanya bermalam 1 malam saja di rs penang kalo kondisi fisik seh udh oke cuman kalau gerak yg terlalu berat suka gampang kecapekan, kalo luka seh di hari ke 7 udh kering setelah operasi perut seh udah gak kerasa kembung geto

  58. Tutty Hanggodo says:

    Haluu pak Iwan dan sobat 2 … Saya kenapa masih ga nyaman ya lambung ato ulu hati saya ? sdh 4 bln .. Setelah operasi dan jg makanan … Tdk minum teh kopi lg … Krn sy takut mungkin jg maag …Saya orang yg pemikir dan penakut … Susah skali menghilangkan … Sy sdh beru sahaha utk berpasrah dgn lebih mendekatkan diri … Sering sy merasa tdk happy dan sdh tdk pernah melakukan perjalanan keluar neg( kebetulan suami base nya diluar ) rasanya seperti belum di operasi hanya tdk menekan ke ulu hati.. Sy sdh konsul ke dr kata nya bisa 6 bln sampai setahun utk tubuh adaptasi… Hingga sy sering g percaya diri utk ber aktifitas dan sangat mengganggu.. Akhirnya sampe perlu obat penenang krn kecemasan sy tinggi … Sy sangat sediih … Semua sdh sy jalani … Mungkin stress sy yg berlebihan ? Pd saat sy menulis ini sdh minum Pantozol utk lambung .. Sdh minum penenang dlm dosis yg sangat kecil … Hanya sebentar rasa nyaman … Sekarang lg ga enak … Sy sangat bingungg apa sy tunggu sampai 6 bln sampai setahun dgn adaptasi tubuh tanpa empedu… Capek rasanya … Menambah stress sy .. Sy itdk ingin menyia nyiakan hidup ..ingin bermanfaat buat kel jg org lain dan sekeliling … Tapi hal ini sangat mengganggu sekali rasa tdk nyaman di sekitar lambung ulu hati.. Presis nya sampai ga tahu …. Mohon saran dari sobat2 smua…

    • Iwan Nugroho says:

      Bagaimana kabar bu Tutty, sdh baikan. maaf terlambat membalas. Ibu harus tenang, berpikir positif, berdoa kepada Tuhan agar diberi kesembuhan. Jangan terlalu cemas. Menu makanan mulai dijaga, banyak makan buah, minum air putih. smg selalu sehat, terus ikuti nasehat dokter

  59. Bunny Teh says:

    Bu Tutty saya sendiri juga tlah tanpa empedu tgl 21 juni 2012, awal nya bab aja yang bermasalah agar lembek tp sekarang udah mulai normal padahal blom 1 bulan, kalau yang namanya perut gak enak sudah tidak ada cuman kondisi fisik rasanya blom bisa beraktivitas yang terlalu berat, kadang bekas operasi mau nimbulin nyeri nyeri dikit.. kalau dari segi makanan, saya juga sudah mulai normal, saya mulai memakan yang gorengan cuman yah kopi blom berani saya minum bahkan kemarin durian juga udh saya makan hehe

  60. nina says:

    bu tutu hanggodo sm sy juga merasakan apa yg ibu rasakan sy operasi 2 bln yg lalu…tp sampai skrng sy mash sangat cemas ketakutan stres…sampai badan sy lemes muntah”sakit perut kiri sy sering konsultasi k dokter bedah sy katanya normal karena tubuh blm beradaptasi tp tetep sy g bs ngehilangin perasaan cemas dan takut klu ada penyakit macem” lgsy jg pernah periksa k dokter kata nya sy terlalu stres…dokter yg operasi sy bilang semua organ sy baik kan sebelum d operasi kita d general cek up klu ada penyakit lain tp dokter bilang sy bagus semua tp g tau kenapa perasaan lemes terus mual muntah kya g fit …pa iwan sy minta saran nya harus bagai mna soal nya sy dah sering bulak balik dokter…oh ya memeang sebual operasi sy makan aga bandel goren gorengan mie ayam …tp g sering paling sekali aj

  61. nina says:

    halo pa iwan bahaya g ya klu pas sebulan operasi empedu sy makan mie ayam …sekarang perut kiri sy sakit lemas mual muntah terus sy jd takut..

    • Iwan Nugroho says:

      Ibu Nina, tubuh memang perlu adaptasi dengan kondisi baru tanpa empedu; itu tergantung keadaan setiap orang. Tetap konsultasi ke dokter. Sebaiknya ibu harus tenang, sabar, berpikir positif; jauhi rasa cemas takut. Mungkin ini membantu dengan makan buah apel, minum air putih banyak. sesekali makan gorengan boleh. buah apel dapat membantu menetralkan lemak. Tetap semangat dan sehat. salam

      • nina says:

        makash banyak pak iwan atas jawabanya….alhamdulillah skrng sy dah mulai enak kan dan alhamdulillah bs menjalan kan ibadah puasa tanpa keluhan ternyata benar menurut pa iwan kita harus tenang dan berpikiran positif jauhi rasa cemas…sekarang sy tidak merasa terlalu ketakutan lemes sakit ,klu sy slalu berpikir negatif dan cemas semakin terasa sakit tp klu sy berfikir sehat g terasa apa2 alhamdulillah berkah d bulan ramadan amin makash ya pa iwan semoga kita semia di berikan kesehatan amin ya robalalamin…

      • Iwan Nugroho says:

        sama-2 bu Nina, smg sehat dan menjalankan ibadan puasa dg khusyuk. http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/03/17/aku-hidup-tanpa-empedu/

  62. Imas Rodiah says:

    ,Asm,,,slm kenal P Iwan ,
    Cuma ingin berbagi aja , saya seorang ibu berumur 34 th , sekitar 6 th yang lalu tepatnya pada th 2007 saya menjalani oprasi pengangkatan kantung empedu dengan metada laporoskopi . Betapa sedihnya perasaan saya pada waktu itu , di bln romadhon menjelang lebaran , semua keperluan lebaran buat keluarga saya siapkan walau dalam keadaan sakit , karena saya takut akan meninggal pada waktu itu . Tapi alloh berkehendak lain alhamdulilah sampai saat ini saya masih hidup , jadi kepada semua yang mengalami nasib seperti saya jangan berkecil hati ,jangan takut , tetap berpikir positif dan jangan lupa berdo’a insyaalloh semuanya akan baik – baik saja amiin .

  63. wagiyo says:

    asm…kum, salam kenal p iwan,
    berbagi sj, sy wagiyo 2011 tepatnya 21 juli sy di fonis empedunya banyak batu walaupun kecil-kecil, dan pada saat itu saran Dr..sy ikuti alhmdllh sehat. tetapi pada saat pola makan saya tidak terkontrol lagi di tambah beban kerja sangat berat, 7 april 2012 penyakit saya kambuh lagi, yg pada akhirnya pada tgl 24 mei sy harus menjalani oprasi laparoskopi, yg pada awal oprasi perasaan campur aduk, alhmdullih saat ini, saya sdh beraktifitas spti biasanya dan pola makan sdh mulai berani dikit makan yang berlemak. mudahan Allah SWT memberikan umur yang panjang bagi semua umat yang hidup tanpa empedu,aminn.

  64. Supriyono says:

    Terimakasih atas cerita pengalaman pasca glassbladder…bisa utk berbagi dng istri saya yg sekarang sedang mengalaminya…utk menumbuhkan semangat hidup.

  65. C_ Alexa says:

    Pak Iwan, terima kasih atas dibuatnya blog ini. 12 Okt 2012 lalu kantong empedu saya juga harus diangkat dengan teknik laparoskopi… seminggu pasca operasi, saya sudah dapat kembali bekerja dengan badan yg lebih sehat (tanpa perasaan kembung, sebah, ngilu tulang belakang, dan demam yg tidak jelas dan berkepanjangan)… jadi, tanpa empedu-pun semua kegiatan dapat dijalankan dengan sangat baik dan luar biasa… tetap Semangaaaattt !!!

  66. mirzha says:

    pak iwan saya ada batu empedu hampir 2cm dan kata dokter harus operasi tp saya takut bagaimana kedepanya tanpa empedu saat ini saya bingung mohon saranya…

    • Iwan Nugroho says:

      Anda tidak perlu kuatir. pastikan dulu dg USG, apa memang benar ada batu empedu. Bila benar, anda tdk perlu kuatir mengikuti saran dokter. cara itu efektif dan segera menyelesaikan masalah. Hidup tanpa empedu adalah hal biasa. Kita masih bisa hidup sehat dan bermanfaat. Bukti-bukti dapat diLihat dari komentar blog ini.

  67. mirzha says:

    saya sdh USG dua kali sm dokter berbeda, dokter A bilang batu empedu saya 9mm tapi dokter B bilang batu saya hampir 2cm dan hrs dioperasi. sy punya tetangga yg br sbulan operasi tp kok sy liat lemes banget trs seperti menahan sakit gt.
    tp sy kok tidak prnh merasakan sakit yg berlebihan cm nyeri sedikit di ulu hati sebelah kanan demam jg g pernh tp sering bnget bersendawa klo hbs mkn. menurut bp gimana baiknya ya?
    setiap mlm klo ingat penyakit sy kepikiran trs smpe g bs tidur..

  68. C_ Alexa says:

    Pak Iwan dan rekan2, saya butuh informasi… berdasarkan pengalaman pribadi rekan semua apakah ada yg pernah mengalami kesemutan pada tangan dan mati rasa pada kaki pasca operasi pengangkatan empedu?

    • Iwan Nugroho says:

      saya tidak mengalami hal tersebut. Rasa tidak nyaman pasca operasi hanya di sekitar perut saja. sebaiknya konsul ke dokter spy segera diketahui penyebabnya

  69. chandra says:

    Bunny Teh says:
    12/07/2012 at 18:30

    bulan lalu saya operasi di penang sekitar 12 jutaan udh termasuk biaya rs 1 malam… setelah operasi besok nya udah di boleh kan dokter keluar dari RS cuman lusa nya harus kontrol dan setelah itu di bolehin pulang ke indonesia

    Pak Bunny Teh, salam kenal : barangkali boleh di share pak Rs di peneng yang bapak ceritakan termasuk penginapan (murah) setelah operasi karena saya disarankan dokter untuk melakukan operasi pengangkatan empedu secepatnya, saya tinggal disurabaya pak. terimakasih atas atensinya…..untuk pak admin terimakasih sdh membuka wadah agar semua bisa berbagi…salam. email: chandra.andiwinata@yahoo.com

  70. henhen says:

    ass p iwan sya sangat senang dengan sharing sharingnya bisa lebih menguatkan hati saya utk tidak takut utk operasi.saya setelah diusg ada 3 butir batu ukuran paling besar 0.84cm, 0,7 cm dan paling kecil 0,6cm.namun saat akan dioperasi saya diare smpai 16 kali sampai sekarg 2 mmgu lebih bab sy belum normal kadang sehat atau tidak bab sama sekali seharian tapi besoknya bab suka mencret lagi meski tidak sering jadi belum bisa operasi saja apakah ini krn batu empedu jga?dan mmg sering pusing ya pak?

    • Iwan Nugroho says:

      sebaiknya konsul ke dokter utk memastikan penyebabnya, juga sekalian konsul utk operasi. smg segera sehat. blog ini memang utk berbagi dan sharing pengalaman penderita atau yang punya gejala empedu. salam

  71. bandrio says:

    Salam kenal Pak Iwan…sy baru saja melakukan operasi tgl 8/11/12 pengangkatan kantong empedu yg d dalam ada batu sebesar 1.8mm,terus terang sy kaget kok ada batu yg sebesar itu d dalam kantong empedu yg sangat menyiksa diri sy…..mental sy sudah drop karena sy pikir salah satu organ dalam tubuh sy sdh kepotong…tp stelah baca artikel anda semangat hidup sy sdh mlai kembali lg…Trimakasih Pak Iwan ini sangat membantu sekali

  72. uut says:

    pak iwan,biaya untuk operasi pengangkatan kantung empedu di RS indonesia sekitar berapa?
    Tks

  73. lusi noviani says:

    selamat pagi pak iwan..sy tgl 13 kemarin menjalani operasi laparascopy batu empedu,,unt jahitan dan rasa sakit d perut atas sdh tdk terasa tetapi rasa sakit di perut kanan bawah terasa mengganggu rasa linu dan pegal diperut bawah,,apa bapak mengalami hal yg sama pasca operasi? trm ksh pak..

    • Iwan Nugroho says:

      ibu Lusi, saya dulu tidak mengalami hal tersebut. ibu bersabar dulu, barangkali itu hanya sementara menuju pemulihan. Bila memang masih terasa mengganggu, sebaiknya segera konsul ke dokter. semoga segera pulih. salam

  74. mutia says:

    terima kasih atas saran dan motivasi dari bapak bapak dan ibu-ibu diatas :) saya sangat senang sekali menemukan tempat share seperti ini. saya mahasiswi berusia 20 tahun dan telah didiagnosa oleh 2 dokter sp. dalam memiliki batu empedu dalam jumlah multiple namun dengan ukuran kecil. hingga sebelum membaca situs ini saya masih saja khawatir akan hal ini karena smua dokter menyarankan untuk dilakukan pengangkatan kandung empedu ( oprasi ). smoga pengalaman bapak-bapak dan ibu-ibu bs menjadi semangat untuk saya kedepan dalam menjalani hidup tanpa kandung empedu lagi. :D terima kasih sebelumnya.

    • Iwan Nugroho says:

      ibu mutia, smg tetap semangat, hidup tanpa empedu tetap hidup sehat dan bermanfaat

      • as says:

        Salam.saya senang sekali dgn blok ini sungguh bermanfaat. Saya dari malaysia. Saya baru saja operasi hempedu tanggal 21/12 dan msh dlm proses pemulihan.saya juga khuatir akan kehilangan pundi hempedu karna sudah tiada organ utk mencerna lemak. Bisa kah kita hidup tanpa hempedu dan persoalan benarkah akan menjadi gemuk setelah tiada penapis lemak? Aduh takut dong…. Kok saya jadi takut mau makan. Bolehkah epal menjadi pengganti hempedu utk memecah lemak?

      • Iwan Nugroho says:

        Sdr As, kita masih bisa hidup tanpa empedu. Kita bisa sehat dan bermanfaat untuk orang lain. Pola makan harus dijaga, sebaiknya tidak banyak mengandung lemak; jangan makan berlebihan agar tidak overweight. smg sehat selalu

      • as says:

        Ternyata hidup tanpa empedu tidak seperti yang saya sangka.. Saya turun 5kg sebulan selepas operasi. Dulu saya fikir akan cepat overweight tanpa pundi hempedu, ternyata tanpa hempedu berat badan saya cepat turun.liver yg berfungsi mencerna lemak yg di makan.cuma harus di kurangkan makanan lemak n gorengan agar liver bisa menjalankan tugas nya dgn baik. Liver bisa rosak jika kita makan berlebihan.alhamdulillah sekarang saya sudah pulih. Amin yarabilalamin.

      • Iwan Nugroho says:

        Semoga sehat selalu. Terus beardoa kpd Allah. Selamat

      • as says:

        Ternyata sekali ada atau tidak ada pundi hempedu badan akan overweight jika makan berlebihan.yang penting pola pemakanan sedikit beda dari sebelum. Itu saja.. Karena liver sudah punya 2 tugas sekarang.. Kalau byk makan liver banyak kerja dan bisa capek lama2 liver bisa rosak. Oleh itu kita harus belajar kurangkan sedikit makanan berlemak n gorengan.saya sudah sebulan tidak menjamah lemak n gorengan dan skrg saya jadi biasa tanpa makan makanan begitu. Mungkin ada hikmah di sebaliknya.

      • endang pa says:

        Pak Iwan salam kenal, saya minta info nama dokter dan rmh sakit yang terbaik untuk oprasi batu empedu di Surabaya. Terimakasih.

      • Iwan Nugroho says:

        Sy tidak punya info rs di srby. Yg penting konsul dulu dg dokter penyakit dalam, atau dokter bedah pencernaan. Tidak perlu cemas, berdoa tetap tenang.

  75. David Maelite says:

    Asslam… Pak Iwan. Sy telah melakukan pengangkatan kantong empedu pada awal Januari 2013 di salah satu rumah sakit di Makassar. Alhamdulillah kondisi sy saat ini (2 minggu pasca operasi) semakin membaik dan sdh mulai melakukan aktifitas ringan2 di kantor. awalnya ada rasa takut yang selalu mengganggu pikiran sy pd pasca operasi, namun karena tawakal kpd Allah dan membaca artikel ini, di tambah nasehat dokter internis, serta menjaga pola makan. Insya Allah semua akan baik-baik sj. terima kasih semua yg telah membagi pengalaman… Wasallam…

  76. Syahbana says:

    Kita senasib pak…
    Semangat terus

  77. Semangat pagi Pak Iwan… 11 April 13 lalu saya menjalani operasi laparoscopic kandung empedu, berbagai testimoni nasib yang sama ini sangat membantu menyemangati kembali hari-hari saya…
    Yang saya rasakan setelah jalani operasi sebenarnya tidak ada dan saya merasa tak seperti ada kelainan meskipun saya agak nakal dalam memilih makan, pagi sarapan lontong sayur bersantan, minumnya susu beruang dan lingkungan warung makan nyaris tidak ada masakan tanpa minyak…
    Meskipun demikian saya tetap berhati-hati memperhatikan indikator BAB saya yang kebanyakan testi menyebut terjadi diare jika makan berlemak, saya tetap menganalisa sejauh mana kemampuan takaran makan berminyak pada tubuh saya… Alhamdulillah saya merasa tak ada perbedaan antara sebelum dan sesudah menjalani operasi.
    Hanya saja beberapa hari ini saya terserang flu dan batuk yang agak sedikit lama sembuhnya… biasanya saya minum obat warung sembuh tapi sekarang agak bandel… sore ini saya akan ke dokter…

    Ucapan terimakasih pada pemilik blog ini… karena sangat memberikan semangat bagi rekan senasib hidup tanpa kandung empedu dan tentu saja bagi yang mampir dan memiliki nasib yang sama… begitu terkesan ketika baca blog ini dan akhirnya saya tidak takut hidup tanpa kandung empedu… semangat semangat semangat…..

    Semoga kita semua diberikan anugerah kesehatan layaknya tak terjadi apa-apa oleh Tuhan… amiiin

  78. dwikorn says:

    Ternyata bukan saya saja yg bernasib seperti ini,pertama kali setelah dioprasi saya pikir penyakit ini langka,tetapi banyak temanya yg membuat saya semangat menjalani hidup,semoga diberi umur panjang buat kita semua,amin

  79. Diana says:

    Hallo Pak Iwan, saya seorang ibu rumah tangga, saya jg sdh di angkat empedu saya pada Juni 2008. Awalnya saya cuma batuk2 berkepanjangan, di minta sama Dokter utk di test Lab & USG, ternyata diempedu saya ada batu. Sama Dokter saya hrs di operasi (Padahal saya tdk mengalami masalah dibagian perut)
    Tapi saya mengikut saran Dokter.

    2 minggu sebelum di operasi, saya disuntik Hepatitis A 1x, setelah di operasi saya disuntik Hepatitis A 2x dalam jarak 6bln & 1th (Klo tidak salah)
    3 hari di rawat di rmh sakit, saya pulang kerumah langsung sdh beraktifitas seperti biasanya, memasak, membersihkan rmh (tapi tdk keluar rumah selama 4 hari)
    Saya mendapat beberapa pantangan dari Dokter, awalnya saya ikuti, lama2 saya bosan, Dan saya mencoba makan yg di pantang, Alhamdulillah hingga Saat ini saya sehat2 saja.

    Terima kasih.

    Diana Oeckerath Majcher.

  80. ibu regar says:

    hallo pak iwan…….suami saya 2 bln yg lalu menjalani pengangkatan batu empedu,stelah beberapa hari dioprasi,suami saya mengkonsumsi daging,apakah ini berpengaruh ke suhu tubunya,karna sampai sekarang suami saya masih suka demam, keluhannya sama seperti waktu belum dioprasi,( batu yg diambil dari badan suami saya diserahkan oleh dokter kesaya,dan sy juga melihat batu tersebut mmg ada di empedu suami saya waktu dilakukan usg) sedangkan bekas oprasinya suami saya tida mengeluhkan apapun,mohon infonya pak,terima kasih!

    • Iwan Nugroho says:

      smg suami segera pulih. Sekarang perlu membatasi daging, gorengan atau lemak. Sebaiknya banyak minum air putih, buah apel, istirahat cukup. Sy sendiri terkadang lupa, kerja agak keras, karena memang tuntutan pekerjaan. Salam

  81. agus diana says:

    Pak iwan saya agus daribali saya operasi bulan maret 2013 setelah operasi terkadang saya merasa agak periodik perut bagian kanan , apakah memang begitu pak.dan apakah saya bisa olah raga pak. Terima kasih .buat yang lain tetap semangat

    • Iwan Nugroho says:

      pak Agus, smg segera sehat dan pulih. Masa pemulihan tergantung kondisi masing-masing orang. Namun, saya dulu satu bulan setelah operasi, kondisi sudah pulih. Silakan olah raga jalan kaki saja pak. dengan berjalannya waktu, semoga perut bisa menyesuaikan diri. salam

  82. satya.nurhadi says:

    seharusnya diceritakan bagaimana kondisi si pasien pasca operasi yg tanpa empedu.. empedu kan juga ada fungsinya. klo diambil, bagaimana efekx bagi keseluruhan tubuh. ini yg penting utk diceritakan. sebab ada solusi lain yakni tanpa operasi kan….

    • Iwan Nugroho says:

      Fungsi empedu adalah membantu hati dalam mencerna lemak. Bila empedu diambil, maka yang mencerna lemak adalah hati. Allah maha besar, menciptakan sistem pencernaan manusia. Tanpa empedu, kita harus makin hati-hati, harus membatasi lemak. Tanpa empedu, tetap dapat hidup sehat dan bermanfaat bagi orang lain.
      Yang menjadi masalah adalah tidak banyak orang tahu gejala sakit empedu. Saat tahu, biasanya sudah kronis, infeksi. Bila tidak segera tertangani sangat berbahaya, empedu bisa pecah karena terisi batu empedu, mengakibatkan kematian. Menangani hal ini, bisa ke dokter atau alternatif non medis. Silakan pembaca memilih. Intinya harus segera ditangani agar tidak menderita berkepanjangan

  83. ady says:

    salam kenal pak iwan
    saya br 2 bln operasi secara konvesional..sy tak ada mslh BAB dan lainya..lbh ke psykologis takut n kwatir berlebihan..walaupun udhbanyak info yg saya baca tuk sekedar menenangkan hati bahkan saya prnh baca stlh 40 taun tnp empedu ada yg masih sehat..tentu pola mkn sehat..moga brjalan wktu hati ini bisa tenang..amin ya allah..walaupun tak ada mslh pencernaan saya tetap mkn sehat karena menjaga lbh baik dr mengobati…sekali lagi makasih artikelnya pak iwan..semoga allah memberkati kita semua..amin

  84. Eric says:

    Salam kenal Pak Iwan,

    Nama saya Eric, saya 25 hari yang lalu operasi laparaskopi diangkat kantong empedunya karena koleositis kronis.
    Pertanyaan saya, kapan Pak Iwan mulai berolah raga ringan (jalan)? Apakah kita harus menunggu 1 bulan istirahat full dan baru kemudian boleh olah raga ringan?

    Salam
    Eric

    • Iwan Nugroho says:

      baik pak, smg bapak segera pulih. konsentrasi ke pemulihan dulu, penyesuaian makanan
      jangan memaksa diri olah raga, biarkan tubuh menyesuaikan diri. jangan bepergian terlalu jauh, karena kuatir mudah capai. bila badan terasa kaku, lebih baik peregangan ringan, jalan sekitar rumah saja dulu.

  85. Ayie says:

    Seminggu yg lalu sy juga hbs operasi kantung empedu.
    Pasca ops kenapa bdn saya terasa gatal2 ya? Apa dl bapak jg mengalaminya?
    Mungkin bisa dishare pengalamannya.
    ‎​​· ♥·♡ τнäиκ чöü ♥·♡ · • °

    • Iwan Nugroho says:

      bapak atau ibu, mohon sabar dan tenang, smg dengan tenang akan berkurang keluhannya. Berdoa dan memohon agar dapat melalui keadaan sekarang. Saya sarankan banyak minum air putih, atau makan buah apel, agar badan dan stamina kuat sehingga luka operasi segera pulih. Saya dahulu tidak memiliki keluran sperti itu.

  86. sayid umar says:

    Terima kasih semua yg ada di blog ini terutama pak iwan ,saya baru saja di operasi tanggal 18 sep 2013,atas i semua informasinya

  87. Izmirta Rachman says:

    Pak Iwan,

    Saya sudah lewati 1 bulan (tepatnya 32 hari). Memang betul berfikir positif dan sabar dalam menjalani aktifitas pasca operasi. Mohon pendapat pak, kenapa masih ada rasa tidak enak, kadang suka mengantuk dan stamina yang tidak prima.

    Apa memang harus kita lawan dengan olah raga bertahap (jalan dan renang ringan) atau nanti akan normal sendiri?

    Mohon sharing pak, kira kira kapan kita bisa kembali prima?

    Salam
    Eric

    • Iwan Nugroho says:

      pak Eric, dahulu saya mengalami hal yang sama. mudah capai, ngantuk. tapi itu semua hilang dengan berjalan waktu, silakan menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat. silakan olah raga ringan, seperti jalan kaki. Saya, tiga atau empat bulan setelah operasi, ternyata bisa jalan-jalan naik ke puncak gunung Bromo. Waktu itu saking semangat dan gembira bersama- kawan-kawan berwisata. Semoga p eric segera kuat, tetap semangat.

  88. ady says:

    Sekedar share jujur saat ini sudah hampir 5 bulan saya tampa empedu,, kadang masih takut sama menu makanan yg mana tidak boleh di makan,,walapun teman kaka saya yg udh 3 taun yg nasibnya seperti saya memberi semangat dia bahkan udh bisa makan apa saja tampa pantangan masih sehat2 saja,, saat ini yang saya bisa lakukan cuma menjaga tiap bulan rutin di bekam agar tubuh di bantu dalam mendetox racun,,makan buah2 ya ga harus mahal kadang pepaya atau pisang,, bisa jg apel guna membantu kinerja pencernaan dan menyehatkan pencernaan,, trus menu diet rendah lemak :) dan minum anti oksidan ya membantu daya tahan tubuh dan penambah stamina,,kata dokter dan juga masih keluarga saya baiknya 6 bulan sekali kita medhical check up,, tuk melihat kondisi tubuh kita terutama kadar kolesteral dan trigliserida berkaitan dengan jantung dan pangkreas sedangkan, SGOT & SGPTyang berkaitan dengan kondisi Hati atau liver kita. harus di jaga :) jangan sampai lewat batas normal sekedar referensi pribadi:) moga teman2 semua dapat sehat kembali,, amin :)

  89. iin iriani says:

    Asslmkm wrwb….salam kenal pak.jujur sy jd semangat setelah tau bnyk yg Senasib dg sy.sy operasi pengangkatan empedu tgl 11 Sept kmaren pak…dan sy sebelumnya berfikir yg tdk2 karena setiap salah makan perut sy sakit.ada makanan tertentu setelah operasi yg tdk bs sy makan.spt gorengan keju susu brownis coklat .skrg sy makannya dikukus dan sayuran yg sehat.karna sy sadar hatinya skrg kerja keras setelah tanpa empedu..sy pengen sehat pak..Mknya benar apa yg bpk bilang jaga pola makan.minum air putih yg cukup hindari yg berlemak.hidup dg positif thinking.smoga kita semua sehat..dan berkah umurnya.آمِيْن آمِيْن آمِيْن يَارَبَّ الْعَالَمِيْن…

  90. Silvia says:

    Assalamualaikum,,
    Salam kenal Pak Iwan, papa saya mengalami penyumbatan (membuat tubuh berwarna kunng) pada saluran empedu,,dokter menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan kandung empedu. Namun papa saya tidak mengalami rasa nyeri/sakit/panas paa bagian lambung, dll. Tidak ada rasa apa2 cuma lemes dan badan semakin menguning. Saya masih bingung apakah keputusan mengikuti saran dokter (operasi pengangkatan kandung empedu) adalah keputusan yang terbaik? mohon sharingnya..
    terima kasih.

  91. ilmi says:

    asslmkm pak, salam kenal saya ilmi. sudah seminggu yg lalu papa menjalani operasi pengangkatan kandung empedunya, tgl 16 november 2013 di RS swasta ternama di kota Padang ,papa saya dioperasi dengan metode kolesistektomi laparaskopi, ada 2 batu yang terdapat dalam empedu papa saya pak, batu nya sebesar tahik kambing dan warna hitam. alhamduliilah operasinya lancar, dan akhirnya papa saya meninggalkan rumah sakit 19 november 2013. yang ingin saya tanyakan pak, apakah bisa panjang umur orang yang hidup tanpa kandung empedu ? saya takut pak, malah papa saya selalu berfikir negatif setelah pasca operasi, karna tidak bisa menikmati makanan yang dia sukai lagi. sebenarnya papa saya juga menyesal, kenapa harus dioperasi, dan kenapa tidak mencoba berobat alternatif dulu, dan apa saja makanan yang harus di makan oleh orang yg tidak memiliki empedu lagi pak ? apa saja tips nya agar hidup sehat tanpa empedu. makasih sebelumnya.

    • Iwan Nugroho says:

      Waalaikum salam, Pak Ilmi, smg ayahanda sehat dan pulih kembali. tetap optimis, ikhlas dan sabar menerima cobaan sakit. Jgn terlalu dipikirkan. Bapak pelan-pelan beradaptasi dg keadaan pasca operasi. Istirahat yg cukup, utk saat ini jangan forsir kerja dulu. minum air putih yg banyak, makan sayur, makan buah apel sangat baik utk kesehatan pencernaan. Tentu saja kurangi makan berlemak, karena memang tidak baik. Saya sdh hampir empat tahun alhamdulillah sehat-2 saja. Ayahanda akan sehat dan bermanfaat utk banyak orang. Salam http://widyagama.ac.id/iwan-nugroho/

  92. ny suherman says:

    ass pak iwan,salam kenal saya ibu suherman di lombok NTB ,tanpa sengaja menemui blok ini,sa at ini saya di ponis ada 2 batu empedu,saya menangis dan takut krn saya berfikir inilah akhir hidup saya pak,saya blum percaya diri untuk oprasi pak,kondisi saya sdh deman dan kringat kluar berlebihan,untuk sementara saya minum obat dari sinche ,trms pak dengan membaca blok ini saya punya niat untuk oprasi dengan penuh keyakinan,tlng doakan pak ya,trms.

  93. Fawaz says:

    Assalamualaikum wr wb, trimksih bnyak pak iwan atas informasinya, saya mau tnya barang kalinpak iwan dan teman2 ada yg tau, saya bru tau kalw di kantung empedu saya ada polip sebesar 1 cm, keluham saat ini pungung saya sering pegal, bagaimana kalw tidak di oprasi apaa berbahaya??

    • Iwan Nugroho says:

      Waalaikumsalam, Pak Fawaz, keluhannya memang begitu pak, sy mengalami hal yang sama. sebaiknya dipastikan dulu oleh dokter, periksa USG. Saran dokter bapak ikuti. Bila dokter menyarankan dioperasi, sebaiknya diikuti. Semakin lama dibiarkan akan menjadi beban pikiran dan stamina menurun. Jangan ragu pak, ikhlas dan sabar untuk mengikuti nasehat dokter

    • Ady says:

      Pak Fawaz maaf saya ikut nimbrung,, saya tidak melarang atau tidak juga menyarankan operasi,,itu hak pak fawaz,,tapi kalau saya pribadi sebelum langkah itu dia ambil sebaiknya pikirkan matang2,,, karena dampak operasi pengakatan kantung empedu setiap individu mempunya efek yg berbeda,,,dan berlaku seumur hidup :)
      sekarang keputusan di tangan bapak mau second opinion atau di operasi adalah hak bapak..,,semoga bapak cepat sembuh

  94. arie says:

    Assalamu’alaikum wr wb.

    Pak saya awalnya terkena hepatitis A Juni 2012 setelah sembuh saya kok sering sendawa dan perut kembung Juni 2013 (mungkin saya suka sekali minum susu soda , sate kambing, dan bubur kacang ijo) lalu saya konsultasi ke Spd (dokter yang menangani saya waktu kena hepatitis) ditemukan polip pada kantung empedu tidak ada indikasi batu empedu dan diberikan urdafalk oleh dokter disarankan untuk operasi, karena saya tidak mau operai saya coba terapi apel dan mengurangi makanan berkolesterol seperti tsb di atas. dan masih suka kembung, lalu saya balik lagi diperiksa usg masih ditemukan polip, karena menurut saya penyakit utama saya hanya kembung (ulu hati tidak nyeri, tidak ada ngilu sampai ke punggung) Agusutus 2013 saya coba terapi air putih di malam hari karena saya meminum air putih banyak kira2 500ml sebelum tidur, setiap saya ‘beser’ saya minum kembali sehingga kira-kira 3 sd 4 kali saya ‘beser’ dan minum air putih. Alhamdulillah kembung dan sendawa saya hilang (kira-kira sebulan terapi).

    lalu saya balik lagi 21 Desember 2013 periksa masih ditemukan polip dan dokter SPd menganjurkan atau merekomendasikan konsultasi dengan dokter bedah .

    Bisa minta tolong saya mendapat email bapak wijoyo hingga saya bisa tanya ke beliau bagaiman kondisi beliau untuk saat ini apakah yang seharusnya saya lakukan apa harus bedah atau tidak.

    Terima kasih

  95. Nurdianah Aulia says:

    Asslm. Sy jy menderita sakit batu empedu & hasil usg menunjukkan ada batu 2 cm, kebetulan sy jg berdomisili di malang. Yg ingin sy tanyakan p iwan operasi di mana & dg dokter siapa.?.. terima ksh.. wass

  96. naraa says:

    Assalamualaikum.
    Kakak sy menjalankan operasi pengangkatan empedu pd 09 des, namun sampai saat ini kondisinya belum membaik. Justru tubuh jd menguning dan pipis sakit.
    Apa dulu pak iwan mengalami hal yg sama Spt kk sy?

    Pasca operasi kk sy bermasalah dilambung, pegal2, seperti masuk angin dan saat ini pipis sakit.
    Terkdng tubuhnya sehat namun terkadang ngedrop.

    Soalnya sudah 3minggu namun kondisi blm membaik, kk sy menjadi pesimis. Apakah sanggup bertahan hidup, krm beratnya pun sudah turun 8kg.
    Krn 4thn lalu ayah sy meninggal krn od awalnya operasi batu emoedu,namun ada kanker usus st.4

    Mohon informasi dan motivasinya agar kk sy bs optimis lg.
    Trims pak

  97. eric says:

    Alhamdulilah sudah hampir 6 bulan saya jalani hidup tanpa kantong empedu. Awalnya memang berat. Tapi betul apa yang disampaikan pak Iwan bahwa berfikir positif dan sabar dalam menjalaninya. Puji syukur saat ini saya bisa rutin treadmill 25 menit setiap pagi. Makan selalu dijaga. Setiap pagi apel. Kurangi konsumai lemak. Salam untuk semua. Tetap semangat dan berfikir positif selalu serta pasrah kepadaNya.

    Eric

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: