Pancasila dan Kepemimpinan Nasional

ABSTRAK.  Fenomena globalisasi berpengaruh kepada pergeseran atau perubahan tata nilai, sikap dan perilaku pada semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Perubahan yang positif dapat memantapkan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa dan mengembangkan kehidupan nasional yang lebih berkualitas.  Tuntutan dan aspirasi masyarakat terakomodasi secara positif disertai upaya-upaya pengembangan, peningkatan pemahaman, penjabaran, pemasyarakatan, dan implementasi Pancasila dalam semua aspek kehidupan.   Adapun perubahan yang negatif harus dideteksi dan diwaspadai sejak dini serta melakukan aksi pencegahan berbagai bentuk dan sifat potensi ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pemimpin merupakan penggerak dan motivator seluruh komponen bangsa untuk menjalankan kehidupan nasional.    Bagi bangsa Indonesia, yang dibutuhkan adalah sistem kepemimpin nasional yang dapat menjalankan visi pembangunan nasional dilandasi nilai-nilai falsafah Pancasila.   Kepemimpinan nasional harus dapat berfungsi mengawal proses pembangunan dan hasil-hasilnya dapat dirasakan oleh warga bangsa di seluruh wilayah nusantara. Kepemimpinan nasional tersebut memerlukan suatu sistem manajemen nasional (Sismennas) untuk menjalankan mekanisme siklus penyelenggaraan negara dan dapat menggerakkan seluruh tatanan untuk mengantisipasi perubahan  dan mendukung keberlangsungan kehidupan nasional.

Kepemimpinan nasional membutuhkan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas, berkemampuan iptek dan seni yang dilandasi nilai-nilai ideologi bangsa, serta dapat berinteraksi dengan komponen bangsa lainnya dalam hidup bersama yang bermanfaat. Kepemimpinan nasional harus dapat mengawal Sismennas dan strategi implementasi reformasi birokrasi dalam rambu-rambu good governance, yakni (i) membangun kepercayaan masyarakat, (ii) membangun komitmen dan partisipasi, (iii) mengubah pola pikir,budaya dan nilai-nilai kerja dan (iv) memastikan keberlangsungan berjalannya sistem dan mengantisipasi terjadinya perubahan.  Kepemimpinan nasional mendorong berfungsinya manajemen dan kelembagaan pemerintahan, pembangunan pendidikan, dan pembangunan hukum dan aparatur untuk mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis dalam rangka pembangunan nasional.

PENDAHULUAN

Sejarah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia berhasil melewati berbagai ancaman, gangguan, tantangan, dan hambatan (AGTH). Banyak sekali anasir pemecah belah yang senantiasa membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa, antara lain  sentimen suku agama, ras, dan antar golongan (SARA), primordialisme, dan ketimpangan pembangunan (Pokja Tannas, 2010). Namun bangsa Indonesia wajib bersyukur karena masih memiliki konsep dasar falsafah Pancasila yang dilandasi nilai-nilai sejarah, cita-cita dan ideologi, sebagai pemandu untuk mencapai tujuan negara.  Falsafah Pancasila memandu bangsa Indonesia memandang dinamika kehidupan dan menentukan arah pemecahan perihal politik, ekonomi, sosial dan lingkungan menuju masyarakat yang mandiri, maju, adil, dan makmur. 

Fenomena globalisasi berpengaruh kepada pergeseran atau perubahan tata nilai, sikap dan perilaku pada semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (Pokja Pimnas, 2010).  Perubahan yang positif dapat memantapkan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa dan mengembangkan kehidupan nasional yang lebih berkualitas.  Tuntutan dan aspirasi masyarakat terakomodasi secara positif disertai upaya-upaya pengembangan, peningkatan pemahaman, penjabaran, pemasyarakatan, dan implementasi Pancasila dalam semua aspek kehidupan (Pokja Ideologi, 2010).   Adapun perubahan yang negatif harus dideteksi dan diwaspadai sejak dini serta melakukan aksi pencegahan berbagai bentuk dan sifat potensi ancaman terhadap NKRI (Pokja Padnas, 2010).

Memperhatikan keadaan dan permasalahan saat ini maupun akan datang, maka posisi dan eksistensi seorang pemimpin sangatlah penting.  Pemimpin merupakan penggerak dan motivator seluruh komponen bangsa untuk menjalankan kehidupan nasional dalam rangka pencapaian tujuan nasional.    Bagi bangsa Indonesia, yang dibutuhkan adalah sistem kepemimpin nasional yang dapat menjalankan visi pembangunan nasional dilandasi nilai-nilai falsafah Pancasila.   Kepemimpinan nasional harus dapat berfungsi mengawal proses pembangunan dan hasil-hasilnya dapat dirasakan oleh warga bangsa di seluruh wilayah nusantara. Kepemimpinan nasional membutuhkan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas, berkemampuan iptek dan seni yang dilandasi nilai-nilai ideologi bangsa, serta dapat berinteraksi dengan komponen bangsa lainnya dalam hidup bersama yang bermanfaat.

Kepemimpinan nasional harus mempunyai pandangan jauh ke depan atau mempunyai visi jelas, yang mampu menjangkau ketidak menentuan dalam lingkungan yang cepat berubah.  Kepemimpinan nasional tersebut memerlukan Sismennas untuk menjalankan mekanisme siklus penyelenggaraan negara dan dapat menggerakkan seluruh tatanan untuk mengantisipasi perubahan  dan mendukung keberlangsungan kehidupan nasional.  Sesuai dengan UU No 25/2004,  konsepsi manajemen pembangunan mengacu kepada suatu sistem, yakni Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).  SPPN mengatur keseluruhan sistem perencanaan pembangunan yang dituangkan dalam dokumen yang berkesinambungan, baik yang bersifat jangka panjang, menengah, maupun pendek atau tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat Pusat dan Daerah, masing-masing yaitu Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

Lebih jauh, kepemimpinan nasional harus dapat mengawal strategi implementasi reformasi birokrasi (PURB, 2008) dalam rambu-rambu good governance, yakni (i) membangun kepercayaan masyarakat, (ii) membangun komitmen dan partisipasi, (iii) mengubah pola pikir,budaya dan nilai-nilai kerja dan (iv) memastikan keberlangsungan berjalannya sistem dan mengantisipasi terjadinya perubahan.  Strategi implementasi reformasi birokrasi bukan hal teknis semata, tetapi membutuhkan kemampuan kepemimpinan extraordinary untuk menjalankannya pada tatanan sistem manajemen nasional (Sismennas).

LINGKUNGAN STRATEGIS

Perkembangan lingkungan strategis memberikan peluang dan motivasi bagi upaya-upaya memantapkan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa.   Kepemimpinan nasional dapat menunjukkan perannya dalam rangka mengembangkan kehidupan nasional yang lebih berkualitas. Kepemimpinan nasional dapat mengantisipasi lingkungan strategis dengan langkah-langkah nyata mengembangkan kehidupan yang berkualitas dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  1. Globalisasi.  Di dalam lingkungan globalisasi terjadi interkoneksi pengaruh dari faktor-faktor politik, teknologi, budaya dan ekonomi.  Hal itu difasilitasi oleh kemajuan  komunikasi dan teknologi sedemikian rupa sehingga menghasilkan uncertainty, complexity dan competition (Silalahi, 2010). Fenomena globalisasi membawa gerbong lain yakni, demokratisasi, hak sasi manusia (HAM), isyu lingkungan hidup serta good governance dengan komponen-komponen transparansi, partisipasi dan accountibility (Effendi, 2001).
  2. Asean Community 2015.  Dalam KTT ASEAN 2009 ke-14 di Hua Hin Thailand, Asean menyusun blue print pembentukan tiga komunitas pilar, yaitu politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya ASEAN. Komunitas ASEAN yang ingin dicapai pada tahun 2015 tersebut bertujuan untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara (RPJMN 2010-2014).  Dengan kesepakatan piagam Asean pada tanggal 15 Desember 2008, Asean menjadi organisasi yang lebih mantab dengan moto one vision, one identity, dan one community (Asean, 2009).  Kepemimpinan Indonesia tahun 2011memiliki posisi strategis mendorong peran geopolitik nasional dan mengantarkan terwujudnya Asean Community 2015.
  3. Otonomi Daerah.  Secara konsepsional otonomi daerah (UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah) merupakan landasan bagi pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan di daerah.   Gubernur, walikota dan bupati  memiliki posisi penting untuk mengembangkan kepemimpinan dan wawasan nasional sesuai falsafah Pancasila melalui mengembangkan building capasity dan menciptakan pertumbuhan dan kesejahteraan di daerahnya.
  4. Peran media massa.  Media massa telah menjadi kekuatan yang signifikan mempengaruhi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.   Media massa perlu dikelola dan dioptimalkan untuk memperkuat siklus Sismennas, dari tata kehidupan masyarakat, tata politik nasional, tata administrasi negara dan tata laksana pemerintahan, di dalam rangka mengembangkan wawasan nasional.  Media massa harus ‘dekat’ dengan upaya-upaya mengembangkan dan memantapkan nilai-nilai falsafah Pancasila.  Kepemimpinan nasional dalam perumusan kebijakan dan pengelolaan media massa dapat memperkuat Sismennas, dengan mendorong aspirasi dan hak masyarakat untuk berpartisipasi dan memperoleh manfaat dalam pembangunan.
  5. Gerakan primordial.  Fenomena demokratisasi dan kesadaran HAM terkadang membangkitkan gerakan primordial tertentu berlatar agama, etnik atau ikatan tertentu.  Hal ini melupakan nilai-nilai falsafah Pancasila sebagai bangsa multikultur dan sangat mengganggu upaya-upaya mengembangkan wawasan kebangsaan nasional dalam rangka pembangunan nasional.  Kepemimpinan nasional di berbagai tingkatan dan organisasi memiliki peran penting melaksanakan diskusi untuk mengajak anasir-anasir primordial ke dalam kepentingan nasional.

KERANGKA PEMIKIRAN KONSEPTUAL

Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Bangsa

Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakekat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran, atau secara singkat dinyatakan sebagai ilmu pengetahuan tentang hakekat.   Maknanya, dengan mencari atau menyakan apa hakekat, sari, esensi atau inti segala sesuatu, maka jawaban yang didapatkan berupa kebenaran yang hakiki (Sunoto, 1995).  Hal ini diperkuat Noorsyam (2009a), yang menyatakan nilai-nilai filsafat merupakan derajad tertinggi pemikiran untuk menemukan hakekat kebenaran.  Filsafat dapat dilihat dalam dua aspek, sebagai metode dan pandangan (Poespowardojo, 1994).  Sebagai metode, filsafat menunjukkan cara berpikir dan analisis untuk menjabarkan ideologi Pancasila.  Sebagai pandangan, filsafat menunjukkan nilai dan pemikiran yang dapat menjadi substansi dan isi ideologi Pancasila.

Menurut Poespowardojo (1994), filsafat Pancasila dapat didefinisikan sebagai refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa, dengan tujuan untuk mendapatkan pokok-pokok pengertiannya secara mendasar dan menyeluruh.  Filsafat mampu membuka pemikiran yang lebih luas dan rasional  sehingga cara pandang terhadap ideologi menjadi lebih terbuka dan fleksibel (tidak kaku atau beku).  Manusia diberi peluang mengembangkan persepsi, wawasan dan sikapnya secara dinamis agar menemukan kebenaran, arti dan makna hidup.  Oleh karena itu filsafat dapat dilaksanakan dengan membahas perihal kehidupan, misalnya pembangunan, modernisasi, kemiskinan, keadilan dan lain-lain.

Menurut Noorsyam (2009b), filsafat pancasila memberi tempat yang tinggi dan mulia atas kedudukan dan martabat manusia (sebagai implementasi sila pertama dan kedua Pancasila).  Karenanya setiap manusia seyogyanya mengutamakan asas normatif religius dalam menjalankan kehidupannya.  Manusia diberi oleh Tuhan kemampuan berbagai ilmu pengetahuan untuk melaksanakan tugas kekhalifahannya (Al Baqarah : 30 – 34).  Manusia diminta untuk mengelola seluruh alam dan seisinya dan diperuntukkan bagi umat manusia. Alam dan seisinya tersebut dalam pengertian lingkungan hidup (menurut UU 23 tahun 1997) adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Menurut Laboratorium Pancasila IKIP Malang (1997), Pancasila sebagai falsafah pandangan hidup bangsa, seyogyanya dicerminkan ke dalam prinsip-prinsip nilai dan norma kehidupan dalam berbangsa, bernegara dan berbudaya.  Poespowardojo dan Hardjatno (2010) menyatakan moral Pancasila perlu ditransformasi menjadi moral atau etika politik kehidupan negara yang harus ditaati dan diamalkan dalam penyelenggaraan negara.  Moral diamalkan menjadi norma tindakan dan kebijaksanaan, serta dituangkan dalam perundang-undangan, untuk mengatur kehidupan negara, dan menjamin hak-hak dan kedudukan warga negara.

Kepemimpinan

Sejarah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah multikultur.  Kebhinekaan itu berhasil membangun kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.  Kebhinekaan juga berhasil memotivasi lahirnya kebangkitan nasional (boedi oetomo, 1908), komitmen sebagai bangsa (soempah pemoeda, 1928) dan pembebasan dari belenggu penjajahan (proklamasi kemerdekaan, 1945).  Kebhinekaan itu yang masih menjiwai keberlangsungan kehidupan nasional dengan dinamikanya, untuk mengisi kemerdekaan dalam rangka mencapai cita-cita dan tujuan negara

Semangat dan cita-cita kebangsaan yang telah dideklarasikan para pendiri bangsa (founding fathers).  Karakter kepemimpinan para pendiri bangsa mampu menggali nilai-nilai budaya luhur terutama nilai-nilai filsafat, baik itu filsafat hidup (atau disebut filsafat Pancasila) maupun filsafat keagamaan. Hal ini memberikan identitas dan martabat sebagai bangsa yang beradab, sekaligus memiliki jiwa dan kepribadian yang religius (Laboratorium Pancasila IKIP Malang, 1997).  Pemahaman terhadap falsafah kebangsaan telah menghasilkan semangat juang para pendahulu sehingga membebaskan dari belenggu penjajahan.

Saat ini, nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa perlu diimplementasi untuk membangkitkan semangat juang bangsa. Semangat juang itu bukan saja untuk menyelesaikan permasalahan bangsa, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Kualitas itu akan lahir dari manusia yang berkarakter religius, percaya diri, dan memiliki etos kerja yang tinggi (Poespowardojo dan Hardjatno, 2010).  Lahirnya SDM yang berkualitas sangat relevan untuk mengantisipasi keadaan dan perubahan lingkungan strategis.  SDM berkualitas berperan dalam penyusunan konsep kebijakan pembangunan, penyelenggaraan negara, dan pertumbuhan ekonomi yang lebih berorientasi kepada kesejahteraan dalam rangka peningkatan harkat bangsa sebagai manusia.

Menurut Hasibuan (2003), manusia Indonesia memiliki potensi ²illahiyah², dan bisa merealisasikan potensi illahiyahnya menjadi manfaat seluruh bangsa.  Anugerah kemerdekaan adalah bukti realisasi illahiyah yang diberikan para pendiri bangsa ini.  Dengan menunaikan kekhalifahan itu manusia senantiasa mengalami pembelajaran.  Pembelajaran diperlukan agar bangsa Indonesia dapat melalui tantangan internal maupun global dan berbagai dinamikanya.  Proses pembelajaran dan iptek diharapkan menghasilkan kemampuan untuk mengadakan adaptasi atau justifikasi terhadap proses kehidupan yang baru dan menjalankan inovasi untuk menciptakan kualitas dan daya saing yang makin baik. Daya saing hanya akan meningkat, seiring dengan proses pembelajaran yang rasional dan kritis serta kreativitas di kalangan masyarakat (Poespowardojo dan Hardjatno, 2010).

Pemimpin pada berbagai tingkatan dan hirarki sesuai dengan kemampuan dan kewenangannya, merupakan penggerak dan motivator seluruh komponen bangsa untuk menjalankan kehidupan nasional dalam rangka pencapaian tujuan nasional.    Bagi bangsa Indonesia, yang dibutuhkan adalah sistem kepemimpin nasional yang dapat menjalankan visi pembangunan nasional dilandasi paradigma nasional dengan kemampuan (i) memantapkan integrasi bangsa dan solidaritas nasional, (ii) mementingkan stabilitas nasional untuk meningkatkan rasa kebangsaan, (iii) memahami perubahan dan melaksanakan pembaharuan dalam manajemen pemerintahan dan (iv) menggunakan pendekatan politik dalam upaya pencarian solusi untuk menangani permasalahan dalam kehidupan masyarakat (Pokja Pimnas, 2010b).

Dari uraian di atas, kepemimpinan nasional bangsa Indonesia nampaknya menghadapi dua isyu yang juga menjadi tantangan bisnis global, yakni  cross-cultural management dan change management.  Meminjam definisi CBI (2009), cross-cultural management diperlukan dalam upaya memberikan pemahaman menjembatani hambatan manajemen organisasi dan berbagai implikasi perbedaan budaya.  Hal ini sangat relevan dengan karakter bangsa yang multikultur untuk menjalankan Sismennas.  Change management memberikan konsep untuk memahami dinamika perubahan dalam budaya organisasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Pagon et al. (2008) menyatakan kepemimpinan membutuhkan kompetensi (Gambar 1), yakni individu (antecendent), kognitif (cognitive), fungsional (fuctional) dan sosial (personal and social). Kompetensi individu merupakan atribut yang melekat kepada diri seseorang pemimpin.  Kompetensi individu misalnya pendidikan, memberikan pengaruh yang kuat kepada misalnya kompetensi kognitif.  Kompetensi kognitif memberikan landasan penguasaan pengetahuan umum, hukum, teori dan konsep.  Kompetensi fungsional merupakan penguasaan ketrampilan untuk problem solving dalam kegiatan sehari-hari.  Sementara kompetensi sosial merupakan kebutuhan untuk pembinaan hubungan dengan individu atau sosial.  Seluruh kompetensi tersebut harus dipadukan dengan karakter organisasi antara lain visi, misi, value, dan tujuan.  Perpaduan kompetensi kepemimpinan dan karakter organisasi akan menghasilkan keberhasilan dalam perubahan (change management).

PERAN KEPEMIMPINAN NASIONAL

Falsafah Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa membuka pemikiran yang lebih luas dan rasional perihal jati diri bangsa Indonesia, dan upaya-upaya mengembangkan ke dalam kehidupan nasional menuju masyarakat yang mandiri, maju, adil, dan makmur.   Setiap warga negara memiliki peluang mengembangkan dirinya sebagai bangsa yang multikutur untuk menjalankan proses pembelajaran dan iptek untuk menentukan kehidupan baru yang berkualitas.  Kepemimpinan nasional memiliki peran penting mengimplementasikan falsafah Pancasila ke dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, mengembangkan wawasan kebangsaan dan upaya-upaya peningkatan kualitas SDM dalam pembangunan nasional.   Kepemimpinan nasional di berbagai tingkatan wajib berpartisipasi dan mendorong berfungsinya manajemen dan kelembagaan pemerintahan dalam rangka terciptanya good governance untuk mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis untuk menghasilkan manfaat dalam pembangunan nasional.

Peran kepemimpinan nasional dalam implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa diuraikan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sebagai berikut.

  1. Sismennas.  Sismennas (sistem manajemen nasional) merupakan sistem manajemen pembangunan yang dilandasi kaidah manajemen universal di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dilandasi tata nilai ideologi dalam rangka mewujudkan tujuan nasional (Pokja Sismennas, 2010; Mustopadidjaja, 2004).  Sismennas berfungsi memandu  penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Konsep Sismennas sesuai dengan sistem kepemimpinan nasional meliputi struktur, substansi dan budaya (Pokja Pimnas, 2010a).    Kepemimpinan di dalam sismennas mengawal, melaksanakan proses dan menghimpun usaha–usaha untuk mencapai kehematan (ekonomis), daya guna (efisien), dan hasil guna (efektif) sebesar mungkin dalam menggunakan sumber dana dan sumber daya nasional dalam rangka mewujudkan tujuan nasional (Pokja Sismennas, 2010).  Fakta-fakta yang membuktikan para pemimpin nasional belum memahami Sismennas ditunjukkan dengan ketidak efisienan dalam penyelenggaraan pemerintahan, antara lain perilaku KKN, perilaku primordial dan feodal, dan tidak memahami ipteks.
  2. Pembangunan Pendidikan.  Pembangunan pendidikan secara umum bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.  Pendidikan dilaksanakan di dalam lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan (masyarakat dan pemerintahan) dalam prinsip-prinsip keteladanan, moral dan etika sesuai falsafah hidup bangsa berdasarkan Pancasila.  Kepemimpinan dalam keluarga, sekolah, kemasyarakatan dan pemerintahan wajib menjalankan prinsip-prinsip pendidikan tersebut, dan menjadi sumber motivasi dan inspirasi lahirnya kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Melalui pendidikan diharapkan lahir kualitas SDM yang memiliki moral dan akuntabilitas individu, sosial, institusional dan global (Lemhannas, 2009) yang akan mengantarkan menjadi Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur.  Karakter multikultur bangsa merupakan sumber kekayaan iptek nasional, sebagai modal dasar pembangunan nasional, meliputi sumber kekayaan alam, geografi, demografi, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.   Potensi tersebut perlu dioptimalkan pemanfaatannya melalui kepemimpinan yang memiliki kompetensi manajemen pembangunan berdasarkan ilmu  pengetahuan dan teknologi.
  3. Reformasi Birokrasi.  Kepemimpinan nasional harus dapat berfungsi mengawal proses pembangunan dan hasil-hasilnya dapat dirasakan oleh warga bangsa di seluruh wilayah nusantara. Konsepsi membutuhkan SDM yang berkualitas, berkemampuan iptek dan seni yang dilandasi nilai-nilai ideologi bangsa, serta dapat berinteraksi dengan komponen bangsa lainnya dalam hidup bersama yang bermanfaat. Kepemimpinan nasional harus dapat mengawal strategi implementasi reformasi birokrasi (PURB, 2008) yakni (i) membangun kepercayaan masyarakat, (ii) membangun komitmen dan partisipasi, (iii) mengubah pola pikir, budaya dan nilai-nilai kerja dan (iv) memastikan keberlangsungan berjalannya sistem dan mengantisipasi terjadinya perubahan.  Strategi implementasi reformasi birokrasi bukan hal teknis semata, tetapi membutuhkan kemampuan kepemimpinan extraordinary untuk menjalankannya pada tatanan Sismennas.   Hal ini bisa dilihat dari sisi lain, Sismennas sesungguhnya menjadi alat bantu yang efektif untuk menjalankan mekanisme business process kepemimpinan.  Lebih penting dari itu, kepemimpinan juga harus mampu mengawal seluruh SDM senantiasa dalam steady state mengantisipasi perubahan. Pencapaian reformasi birokrasi hingga saat ini rata-rata kurang dari 30 persen dan akan dilanjutkan mencapai 100 persen pada tahun 2014 (melalui RPJMN 2010-2014).  Reformasi birokrasi pada dasarnya merupakan upaya untuk melaksanakan perubahan dan pembaharuan yang mendasar dan menyeluruh terhadap penyelenggaraan pemerintahan mencakup aspek, organisasi (kelembagaan), ketata laksanaan (business process) dan SDM aparatur (PURB, 2008).  Semua itu berawal dan bermuara kepada perubahan pola pikir, sikap dan perilaku SDM agar lebih mementingkan organisasi dibanding kepentingan individu.
  4. Hukum dan aparatur.  Pembangunan hukum dan aparatur dilaksanakan dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat dan globalisasi dilandasi moral dan etika Pancasila[2].  Hal itu juga mencakup penguasaan konsep kebijakan dan hukum sesuai konteks yang sedang berkembang dan antisipasi lingkungan strategis.  SDM aparat berkualitas dapat mewujudkan dan menghayati nilai dan etika hukum meliputi kebenaran, kejujuran, keadilan kepercayaan dan kewibawaan dilandasi moralitas yang luhur (Akbar, 2010). Pembangunan aparatur juga diarahkan untuk menghasilkan kepemimpinan.  Kepemimpinan dengan visi yang jelas, integritas yang tinggi, dan dilandasi moralitas  Pancasila akan mudah mengawal manajemen pemerintahan dan hukum dalam rangka menjamin kepastian dan keadilan.  Pembangunan aparatur dilakukan melalui konsepsi reformasi birokrasi.  Reformasi birokrasi diharapkan meningkatkan profesionalisme aparatur dan mewujudkan tata pemerintahan yang baik, di pusat dan di daerah agar mampu mendukung keberhasilan pembangunan di bidang-bidang lainnya (RPJMN 2010-2014).  Dengan kata lain, reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar menjadi profesional dalam mengemban tugas penyelenggaraan negara, khususnya mengantisipasi pesatnya kemajuan iptek, teknologi informasi dan komunikasi dan perubahan lingkungan strategis.

PENUTUP

Kepemimpinan nasional memiliki peran penting mengimplementasikan falsafah Pancasila ke dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, mengembangkan wawasan kebangsaan dan upaya-upaya peningkatan kualitas SDM dalam pembangunan nasional.   Pemimpin pada berbagai tingkatan dan hirarki sesuai dengan kemampuan dan kewenangannya, merupakan penggerak dan motivator seluruh komponen bangsa untuk menjalankan kehidupan nasional dalam rangka pencapaian tujuan nasional.  Kepemimpinan nasional mendorong berfungsinya manajemen dan kelembagaan pemerintahan, pembangunan pendidikan, reformasi birokrasi dan pembangunan hukum dan aparatur dalam rangka terciptanya good governance untuk mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis untuk menghasilkan manfaat dalam pembangunan nasional.

DAFTAR PUSTAKA

  • Akbar, P.  2010.  Pembangunan Hukum dan HAM di Indonesia Dalam Rangka Peningkatan Kualitas SDM.  Materi ceramah PPRA 45 Lemhannas, 29 Juli 2010.  Lemhannas, Jakarta
  • Asean (Association of Southeast Asian Nations).  2009.  Implementing The Roadmap For an Asean Community 2015. Annual Report 2008-2009.  Asean Secretary Office, Jakarta
  • CBI (Carnegie Bosch Institute).  2009. Leadership and Change Management in a Multicultural Context.  Tepper School of Business, Carnegie Mellon University, Pittsburgh, Pennsylvania, USA
  • Effendi, B.  2001.  Teologi Baru Politik Islam: Pertautan agama, negara dan demokrasi.  Galang Press, Yogyakarta.  294p.
  • Hasibuan, s.  2003.   SDM Indonesia: Mengubah Kekuatan Potensial Menjadi Kekuatan Riil.  Majalah Perencanaan Pembangunan, Bappenas, Jakarta. Edisi 31, April-Juni 2003: 2-10.
  • Laboratorium Pancasila IKIP Malang (1997).  Refleksi Pancasila dalam Pembangunan.  Usaha Nasional, Surabaya.  243p.
  • Lemhannas.  2009.  Indeks Kepemimpinan Nasional Indonesia (IKNI).  Lemhannas RI. Jakarta.
  • Mustopadidjaja, A. R.  2004.  Paradigma Pengambilan Keputusan Dalam Penyelenggaraan NKRI di Abad 21.  Majalah Perencanaan Pembangungan.  Bappenas Jakarta.  IX(6): 2-8
  • Noorsyam, H. M.  2009a.   Sistem Filsafat Pancasila: Tegak Sebagai Sistem Kenegaraan Pancasila – UUD Proklamasi 45.  Konggres Pancasila, diselenggarakan Pusat Studi Pancasila, tanggal 30 Mei – 1 Juni 2009 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.
  • Noorsyam, H. M.  2009b.   NKRI sebagai sistem kenegaraan Pancasila dalam wawasan Filosofis Ideologis dan Konstitusional.  Jurnal Konstitusi.  Mahkamah Konstitusi dan Pusat kajian konstitusi Fakultas Hukum Universitas Wisnuwardhana Malang.  1(2): 59-84.
  • Pagon, M., E. Banutai and U Bizjak.  2008.  Leadership Competencies For Successful Change Management. A Preliminary Study Report. Slovenian Presidency of the EU 2008.
  • Poespowardojo, S dan Hardjatno, N. J. M. T.  2010.  Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa.  Pokja Ideologi.  Lemhannas, Jakarta
  • Poespowardojo, S.  1994.  Filsafat Pancasila.  Sebuah Pendekatan Sosio Budaya.  Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.  227p.
  • Pokja Ideologi.  2010.  Mewaspadai dan Menanggulangi Ancaman Terhadap Pancasila.  Pokja Ideologi.  Lemhannas, Jakarta
  • Pokja Padnas.  2010.  Materi Pokok Kewaspadaan Nasional: Integrasi Nasional.  Pokja Padnas, Lemhannas RI, Jakarta.
  • Pokja Pimnas (Kepemimpinan Nasional).  2007a.  Kepemimpinan Nasional.  Pokja Kepemimpinan.  Lemhannas, Jakarta
  • Pokja Pimnas (Kepemimpinan Nasional).  2007b.  Kepemimpinan Visioner.  Pokja Kepemimpinan.  Lemhannas, Jakarta
  • Pokja Sismennas.  2010.  Sistem Manajemen Nasional.  Pokja Sismennas, Lemhannas RI, Jakarta.
  • Pokja Tannas.  2010.  Materi Pokok Ketahanan Nasional: Konsepsi dan tolok ukur.  Pokja Tannas, Lemhannas RI, Jakarta.
  • Pokja Wasantara.  2010.  Konsepsi Wawasan Nusantara.  Pokja Wasantara.  Lemhannas, Jakarta
  • PURB (Pedoman Umum Reformasi Birokrasi).   2008.  PermenPAN No: PER/15 /M.PAN/7/2008 tentang Pedoman Umum Reformasi Birokrasi
  • RPJMN 2010-2014.  2010.  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.  Peraturan Presiden No 5 tahun 2010.  Bappenas, Jakarta
  • Silalahi, T. B.  2010.  Kepemimpinan Visioner Dalam Rangka Reformasi Birokrasi.  Materi Ceramah Kepemimpinan, Lemhannas RI, 7 Juli 2010. Jakarta
  • Sunoto.  1995.  Mengenal filsafat pancasila.  Hanindita, Yogyakarta. 121p.
Naskah ini telah dipublikasikan dalam Iwan Nugroho.  2011.  Peran Kepemimpinan Nasional Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Bangsa Dan Pembangunan Nasional.  Kongres Pancasila ke 3 di Universitas Airlangga, Surabaya, 31 Mei hingga 1 Juni 2011.
About these ads

One Response to Pancasila dan Kepemimpinan Nasional

  1. kifli09 says:

    sangat bermanfaat info nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: