Praha, Republik Ceko

Praha atau Prague adalah ibu kota Republik Ceko.  Kota Praha merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di dunia. Menurut Unesco, Kota Praha termasuk dalam kota warisan budaya dunia (World Cultural and Natural Heritage).  Praha memiliki ratusan peninggalan sejarah, meliputi monumen bangunan, jalan-jalan dan tempat-tempat terbuka (atau alun-alun). Daya tarik wisata utama adalah Prague Castle. Praha terdiri dari 6 daerah, yang sebelumnya berstatus independen: Old Town, Yahudi Town, New Town, Lesser Town, Hradcany dan Vysehrad.

Praha memiliki banyak bangunan abad pertengahan dengan arsitekturnya yang unik. Wisatawan memerlukan paling sedikit dua minggu untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.  Berikut beberapa tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan selama di kota ini.  Old Town Hall Tower & Astronomical Clock adalah tempat di mana dapat melihat prosesi Twelve Apostoles dan panorama kota Praha.  Gereja Our Lady adalah salah satu daya tarik utama dari Old Town Square di Praha. Ini adalah gereja Gothik yang dapat dilihat dari seluruh Praha.  Lesser Town terletak sekitar foothils Praha Castle, merupakan tempat yang indah dengan rumah-rumah penduduk desa kuno dan jalan-jalan kuno.  Museum Nasional di Praha adalah bangunan neorenaissance yang unik, dengan menyelenggarakan banyak acara seni budaya.

Kota Tua Praha

Prague Old TownBangunan di kota tua Praha telah berdiri pada tahun 1091 hingga abad ke-13. Old Town Square merupakan salah satu tempat wisata sejarah utama di Eropa. Ada puluhan tempat bersejarah yang yang meliputi Old Town Square, Gereja Bunda Maria dan Old Town Hall. Selain itu, ada 5 gereja terkemuka lain: Gereja St Nicholas, Gereja St Yakobus, Gereja St Gall, Gereja St Giles dan Gereja St Martin di Wall.  Praha terkenal dengan 3 istana abad pertengahan: Kinsky Palace, Istana para Penguasa Kunštát dan Clam-Gallas Palace. Keduanya terletak di kota tua Praha. Ada dua jalan tua yang indah di mana Anda akan merasakan keindahan dari kota tua Praha lama, yakni Celetna Street dan Charles Street.

Clementinum adalah kompleks terbesar di Praha setelah kastil Praha. Itu adalah sebuah perguruan tinggi Jesuit selama abad ke-17.  Pemandangan yang indah dari Praha di Vltava bisa dilihat dari Knights of the Square Cross, yang terletak di depan Old Town Bridge Tower.  Tempat-tempat wisata lain di kota tua Praha adalah: Powder Gate, Estates Theatre, Jan Hus Monument, Rumah dua beruang emas, Kapel Betlehem, Marianske Square dan Carolinum.

Kastil Praha dan Hradcany.

Kastil Praha adalah daya tarik yang membuat kota Praha terkenal di dunia. Ini termasuk gereja dan katedral, istana, biara, kebun, museum dan menara pandang.  Kastil Praha dahulu merupakan pusat kekuasaan dari raja-raja, Kaisar Romawi dan kemudian presiden sejak abad ke-9. Kastil Praha mencakup banyak bangunan tua yang strategis fungsinya, diantaranya St Vitus Cathedral, St George’s Basilica dan Old Royal Palace. Bangunan bersejarah lain di dalam Kastil Praha adalah Matthias Gate, Puri Gallery, Golden Lane dan Royal Garden.  Golden Lane adalah jalur yang indah yang berjajar rumah-rumah sangat kecil dan berwarna-warni dari abad ke 16 dimana hidup legenda tentang ahli-ahli kimia yang tinggal dan bekerja di Golden Lane, diantaranya adalah Franz Kafka.

Kastil Praha adalah kastil kuno terbesar di dunia. Castle ini terletak pada bukit di tepi sungai Vltava. Kastil Praha dibangun selama berabad-abad, dengan campuran gaya arsitektur.  Kompleks bangunan Kastil Praha dan Hradcany juga mencakup Kapel Salib Suci, Imperial Stables, Spanyol Hall, Mihulka Powder Tower, White Tower, Daliborka Tower, Belvedere, dan Riding School. Beberapa istana yang indah terletak didalamnya, yakni: Istana Lobkowicz, Istana Schwarzenberg, Istana Archbishp, Istana Sternberg dan Istana Černín.  Dua biara cantik terletak dalam kompleks Kastil Praha, yakni Kapusin Biara dan Strahov Biara.

Museum Komunisme Praha

museum communistMuseum Komunisme Praha berisi perihal masa kekuasaan rezim totaliter dari Februari tahun 1948 hingga bulan November 1989. Pengunjung akan melihat artefak, klip video, foto, dokumen bersejarah dan banyak lagi yang menunjukkan kota dan negara dalam beberapa dekade komunisme.  Tema pameran dalam museum adalah “Komunisme-Dream, Realitas, dan Nightmare”. Anda akan belajar tentang kehidupan sehari-hari, sejarah, pendidikan, propaganda, ekonomi, tentara, polisi dan sensor komunisme. Ada banyak hal dari koleksi publik dan swasta dipamerkan di sana.  Jam buka musuem jam 9:00 pagi hingga 9:00 malam termasuk akhir pekan dan hari libur. Tiket masuk sebesar € 7 per orang, tetapi ada diskon untuk keluarga dan kelompok.

Museum Penyiksaan Praha Abad Pertengahan

torture-instrumentsMuseum Penyiksaan Praha adalah tempat di mana ditemukan cara-cara menghukum penyihir, penjahat dan musuh dalam abad pertengahan. Museum ini menunjukkan bagaimana proses pemeriksaan/penyidikan, disertai pembakaran dan penyiksaan, yang merupakan bagian dari gelap abad pertengahan di Eropa.

Praha Museum menampilkan lebih dari 60 instrumen untuk penyiksaan dan penjelasan tentang cara penyiksaan instrumen yang digunakan. Salah satu instrumen yang paling menjijikkan adalah Jungfrau von Nurnberg atau Kepala Crusher.  Ini adalah tempat yang harus anda kunjungi, tidak peduli apakah Anda seorang pecinta sejarah atau hanya untuk melihat-lihat. Anda akan belajar dan menemukan wajah Eropa sebagai neraka bagi orang hukuman di abad pertengahan.  Museum Penyiksaan Praha memberikan pengalaman yang paling mengerikan di seluruh dunia. Hal ini tidak dianjurkan untuk anak-anak. Tiket masuk adalah sekitar 5 €.

Kehidupan Malam Praha

Praha memiliki ratusan pub, bar, caffe, klub, klub strip, dan restoran yang menawarkan pengalaman yang mengesankan dari senja sampai fajar. Ada lebih dari 800 pub di Praha, yang beroperasi selama berabad-abad. Praha dikenal sebagai ibukota strip Eropa.  Kehidupan malam Praha sangat sibuk, bersemangat, dengan banyak live music, DJ, dan tempat yang nyaman untuk makan dan minum. Restoran di Praha menawarkan berbagai masakan: Ceko, Perancis, Italia, Thailand, Korea, Lebanon, Australia, Kenya, Afgan dan banyak lainnya.

Sebagian besar kehidupan malam Praha terletak di Old Town. Beberapa tempat yang paling populer adalah: Lavka Bar & Club, Duplex Club & Cafe, Karlovy Lazne, Double Trouble Bar & Club, Bombay Bar & Music Club, Roxy, La Fabrique Bar & Club.  Ada juga beberapa tempat kehidupan malam terbaik di Praha. Gedung opera Praha menyajikan sebuah repertoar klasik sepanjang tahun, konser opera dan balet. Gedung Opera menawarkan beberapa pertunjukan yang paling elegan di Eropa.

Prague River Cruise

Bepesiar sungai Praha adalah cara terbaik untuk menikmati kota yang indah ini. Pengunjung dapat melihat semua atraksi Praha di bantaran sungai dan pemandangan unik dari daerah kota. Ada banyak operator wisata lokal yang mengatur pelayaran sungai dan dengan pemandu wisata profesional dan berlisensi.  Disarankan untuk membuat pemesanan terlebih dahulu, dengan memilih hari dan waktu pesiar sungai Praha.  Kapal pesiar sungai tersedia siang dan malam. Kapal pesiar menyediakan hidangan yang lezat dan live music. Jadwal pengaturan tur dimulai dari titik di pusat kota Praha dengan durasi sekitar 3 sampai 4 jam. Perjalanan tur sore wisata lebih nyaman dengan pemandu wisata multibahasa. Harga tiket untuk kapal pesiar sungai berkisar dari € 20 sampai € 45, tergantung pada rute, jam dan hari.

Tulisan ini disusun sebagai persiapan kunjungan PPRA45 Lemhannas ke Ceko, kota Praha dan sekitarnya, pada tanggal 24 hingga 29 Oktorber 2010.  Penulis akan melengkapinya dengan hasil-hasil kunjungan yang menarik

Diterjemahkan bebas dari

http://www.topholidaydestinations.net/czech-republic-holiday-destinations/prague-czech-republic/prague-attractions/

6 Responses to Praha, Republik Ceko

  1. yass arlina says:

    oleh2x ya…..

  2. utzu says:

    Mau banget kesini

    • iwan says:

      terimakasih mengunjungi blog ini. selamat belajar dan bekerja. semoga sukses dan bisa berkunjung ke praha dan kota-kota lain di dunia

  3. aprisany says:

    mas tips dan triknya klo mau backpack ke praha gmn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: