Selamat Jalan Pak Syaiful

Pembaca yang budiman.  Tulisan ini mendeskripsikan perihal kehilangan seseorang dan bagaimana menanggapi momentum itu.  Tentu saja itu tidak terlepas dari karakter orang yang mendahului tersebut.  Begitulah teman kami, yakni Kombes Polisi Drs. Syaiful Bachri D, SH, yang kami panggil pak Syaiful atau IPOL, telah meninggal dunia pada hari Minggu, jam 15.30 wib di Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta karena sakit.  Penulis dan almarhum berteman dalam Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 45 Lemhannas, di Jakarta sejak bulan 1 Maret hingga 16 Desember 2010.  Peserta PPRA 45 berjumlah 100 orang, dan kami masih mengenang kebersamaan dan persaudaraan masa-masa pendidikan yang begitu melekat dan berkesan.  Kenangan itu makin dekat membayang dan membekas dengan sepeninggal pak Syaiful.  Allah SWT memilih beliau mendahului kita semua.

Penulis bersyukur memperoleh kesempatan berkomunikasi intensif dengan beliau selama masa pendidikan.  Secara kebetulan kami satu kelompok dalam kegiatan off campus, outbond, blok I, blok III dan Program Pilihan.  Penulis tidak mengetahui secara persis mengapa kami merasa dekat.  Mungkin karena tugas kelompok itu, atau kami sama-sama dari Jawa Timur.  Saat off campus bulan April atau Mei, beliau menelfon penulis hanya untuk mengatakan bahwa telah selesai serah terima dari jabatan (sertijab) sebagai komandan satuan BRIMOB Jawa Timur di Taman Sidoarjo.  Beliau menjelaskan bahwa akan kembali ke Jakarta, untuk fokus pada pendidikan Lemhannas.

Pak Syaiful adalah seorang polisi perwira menengah yang menjalankan tugasnya penuh dedikasi.  Penulis mengatakan demikian karena pikiran, sikap, dan perilakunya sangat gamblang, jujur dan polos untuk menyatakan mana tugas institusi yang didahulukan dan yang tidak.  Pak Syaiful begitu bersemangat saat menceritakan pengalaman tugasnya dan bagaimana menjalin hubungan dengan anak buah.  Hubungan baik dengan anak buah adalah kunci sukses tugas kepolisian, demikian katanya.  Karenanya komandan harus berani mengambil resiko apapun agar semangat dan moral anak buah terpelihara.  Komandan juga harus mau berbagi dengan anak buah.

Pak Syaiful sering mengatakan ia sangat bersyukur dengan keadaan, karier dan keluarganya.  Baginya, sebagai orang daerah—beliau berasal dari Pamekasan, Madura—ia merasa lebih beruntung dibanding teman-teman daerah asalnya. Dalam hidupnya, ia merasa memperoleh banyak kenikmatan, kemurahan dan rejeki khususnya dari pertemanan. Teman adalah sumber rejeki dan kebahagiaan, kata beliau.  Ucapan dan sikapnya itu sangat bermakna mendalam dan gamblang.  Itu terpancar dengan sikapnya yang rendah hati, menyenangkan, menghargai orang lain, dan suka membantu.    Hampir semua perserta PPRA 45 sepakat bahwa kehadiran pak Syaiful senantiasa ditunggu-tunggu.  Pendapatnya yang polos dan jujur sering mengundang bahan lelucon. Sikapnya yang halus dan ngemong memberi rasa nyaman.  Ia terbiasa memanggil kawan dengan Abang..  cerminan sikap egaliter dan menghargai.  Perihal konsep rejeki dan teman, beliau pantas menjadi ahlinya.  Itu sebabnya tampilan beliau sangat… sangatlah ikhlas dan bersahaja tanpa ambisi.  Telinga saya sudah terbiasa mendengar ucapan beliau.. Sudahlah tidak usah mikir jabatan, nanti akan datang sendiri.  Rejeki tidak lari kemana, Allah telah menentukan sesuai dengan amal perbuatan.. Sungguh luar biasa, itulah sesungguhnya karakter pemimpin, pembelajaran dalam leadership

Suatu kali kami saling diskusi curhat di kamar penulis di Pancagatra kamar 422, Lemhannas.  Aneh saja rasanya, padahal kami mau menyudahi diskusi, tapi keterusan hingga larut malam.  Beliau mengenang bagaimana tertembak/terluka dalam konflik di Aceh.  Akibatnya beliau harus dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu yang lama.  Beliau harus berlatih berjalan agar bisa hidup normal.  Kesembuhan itu .. bagi beliau adalah mukjizat, bagaikan hidup kembali sebagai manusia baru.  Pengalaman itu sangatlah bermakna.  Itu sebabnya hidupnya kemudian dimaknai untuk memberikan manfaat kepada sesamanya. Beliau menganjurkan banyak-banyak beramal karena itu akan banyak menolong hidup di dunia dan akherat. .., dan itu beliau terapkan dlm kehidupannya.   Sebuah sikap dan perilaku yang menunjukkan kedalaman beragama.  Hal yang sangat langka di tengah dunia dan lingkungan yang mementingkan materi dan gengsi pada saat sekarang ini.

Selamat jalan pak Syaiful.  Bapak telah menunjukkan keteladanan, kepemimpinan dan leadership.

Berikut ini cuplikan tanggapan peserta PPRA 45 terhadap almarhum

  1. Innalillahi wa innalillahi rajiun, Telah berpulang ke rahmatullah pada pukul 15.30 wib hari minggu 9 jan 2011 rekan kita saudara kita kombes pol Drs.Syaiful Bahri di RS HAJI PONDOK GEDE JKT karena sakit (Heru Teguh, 9 Jan 2011 09:26:59 +0000)
  2. Info dari Brigjen Nugroho, kebetulan sdh di Posisi di Rumah Sakit, hpnya: 08129988xxx, skrg sdg dimandikan, istri masih shock, seandainya malam ini ada pesawat, langsung diterbangkan ke Surabaya, namun ada kemungkinan dimakamkan di Pondok Kelapa, Kalimalang, Bekasi. Sy sdg ke posisi (Moch Haniv, 9 Jan 2011 10:27:38 +0000)
  3. Info terakhir dari pak Nugroho: saat inu sdg dimandikan di RS Haji, setelah itu dibawa ke rmh duka kp Areman no.49 rt.09 rw.08 desa tugu kec. Cimanggis depok, dari situ akan dibawa ke mako brimob Kelapa Dua, besok pagi baru di brgktkan ke madura. jl.pintu air pamekasan madura.  Bagi kawan2 yg kebetulan ada di Jakarta, kita ketemu di Kelapa Dua saja malam ini. (Gde pradnyana, 9 Jan 2011 10:40:47 +0000)
  4. Jenazah msh di RS Haji Pdk Gd, baru mau dimandikan. Dr klg menghendaki klo bisa diterbangkan malam ini ke Mdr, klo tdk bs akan disemayamkan dulu malam ini di Klp Dua. Sy di RS Haji Pdk Gd. (Nugroho, 8 Jan 2011 09:34:15 +0000)
  5. Terima kasih Pak Nugroho atas berita updatenya. Terima kasih kepada Pak Abadan yg sdh menelfon kami juga..dan akan kami kabari ke Prof. Iwan.. Semoga keluarga Bapak Syaiful dikuatkan dan diberi penghiburan! Amin. Satya dan keluarga (Satyawati, 9 Jan 2011 10:27:47 +0000)
  6. Keputusan terakhir, pswt sdh dpt, take off jam 21.00 jam 19.00 hrs sdh di Ckg. Saat sdng pemberangkatan ke Ckg. (Nugroho, 8 Jan 2011 10:04:46 +0000)
  7. Pak Ketua (BG Nugriho) dan Pak Haniv, terima kasih infonya. Mohon dapat di-up date terus perkembangannya melalui milis agar teman-teman yang ingin melayat langsung dpt menyesuaikan mengikuti waktu masing-masing. (Fachmi, 9 Jan 2011 10:29:27 +0000)
  8. Untuk teman yang akan ke bandara dan belum pernah ke terminal Cargo Info pak Wahyu Adi; setelah masuk gerbang airport cengkareng, ketemu persimpangan ke kiri (menuju terminal 1 dan 2) jangan diambil, tetap saja lurus sampai ketemu bundaran. Dari bundaran belok ke kiri, menuju terminal Cargo. (Fachmi, 9 Jan 2011 11:31:38 +0000)
  9. Sama-sama pak Haniv. Sangat terasa bahwa ikatan persaudaraan kita selama 9,5 bulan ini memang luar biasa. Terus terang saat saya mengikuti lemhannas sebagai “unsur swasta” (yang PNS saya di PT) selalu dipertanyakan teman-teman. Apalagi teman-teman pergerakan dan di PT, yang dalam catatan saya sangat anti dengan produk-produk yang “berbau” orde baru (padahal pendirian lemhannas di era BK). Jawaban saya hanya satu: “tambah teman dan silaturrahmi”. Hari ini, walau dalam suasana duka, saya merasakan sekali silaturrahmi ini. (Fachmi, January 9, 2011 9:00:02 PM)
  10. Alhamdulillah banyak teman2 yg bisa mengantar Alm dr RS sd Cengkareng. Yg di cengkareng al P.fachmi, P.Gde, P.Taufik, P.Febri, P.Sasmito, P.Dirman,P.Wahyu adi ,P.Dani,P.wahyu hidayat, P.roem, P.Karma,P.Agus, Pak Bonar, Bu Satya, Pak Winarno. Di RS hasil jepretan Pak Hanif bisa kita lihat, Pak Nugroho dan teman lainnya. Selamat jalan Pak Ipul, Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk berkenalan dengan Pak Ipul. Cerita Pak Ipul selama outbound bakal menjadi kenangan yg tdk terlupakan.  Pak Ipul seorang teman yg baik, semoga Allah SWT mengampuni dosa2nya dan menerima amal ibadah Almarhum (Dyah Virgoana Gandhi, 10 Jan 2011 12:05:21)
  11. Selamat jalan pak Syaiful… Semoga Allah SwT mengampuni segala dosa dan menerima semua amal kebaikan (Sudirman Saad  Sent: Jan 9, 2011 20:15)
  12. Pak ketua, Mohon info jika pswt yg bawa jenasah alm Saiful sdh TO dr CKG, teman di SBY pak PUTU, pak HENDRO, pak JOKO HARYANTO, pak SUPIT, pak ARI SUDEWO dan pak Pranyoto sdh stand by di Bandara JDA, utk pak IWAN, krn pswtnya landing di SBY, jika memang repot krn jauh, percayakan saja utk teman yg di Surabaya pak…. Tks. (Pranyoto, 9 Jan 2011 14:12:06 +0000)
  13. Mhn melaporkan utk jenasah sdh sampai Sby dgn aman, selanjutnya dibawa ke Pemekasan dengan kawalan dr POLDA Jatim, rencana pemakaman jam 9 pagi, sbg laporan. (Pranyoto, 9 Jan 2011 11:02:03 PM)
  14. Kompak Ikal 45 Surabaya – Rruar biasa .. Pak Pranyoto, Pak Supit, Pak Hendro, Pak Joko Haryanto, Pak Arie Sudewo, Pak Putu…keluarga Pak Syaiful pasti merasakan kehangatan kasih yg tulus dari teman2 sekalian ..mohon update yah setiba di sby! Salam utk isteri2 yg baik hati ! (Satyawati, 9 Jan 2011 15:42:29 +0000)
  15. Yth rekan2 ikal 45, ijinkan pada kesempatan ini, Secara pribadi saya menyampaikan rasa bangga kepada rekan2 yg telah berbuat sesuatu atas berpulangnya rekan kita kombes ipol, semoga kebersamaan kita ini akan bisa terus kita pertahankan meskipun kita sdh kehilangan satu kekuatan ! Salam 45 (Dwi Badarmanto Mon, January 10, 2011 10:26:43 AM)
  16. Ass.war.wab. Selamat pagi saudaraku KALPATMA, pak Riza semoga orang tuanya sgr kesembuhan dan jalan yg terbaik dr Allah swt, amin. Hari ini sdh halaman 10 dari buku 2011 yg kita miliki, dan satu rekan kita telah dipanggil Allah swt. Umur kita juga telah berkurang 1 hari, kesempatan beramal dan berbuat baik dalam mengumpulkan bekal perjalanan abadi juga semakin sempit. Semoga sisa waktu kita akan selalu dapat diisi dengan amal ibadah yang berkualitas. Amin. Salam dr Surabaya. (Pranyoto, 9 Jan 2011 22:05:37 +0000)
  17. Rekan-rekan, belum kering air mata kita melepas sahabat terbaik, Syaiful Bachri. Semua kita memiliki kesaksian positif tentang beliau. Kesaksian kita akan menjadi penguat kebaikan beliau di hadapanNya…. Berurai tangis panjang, sungguh kebersamaan kita telah menorehkan makna sangat dalam. Tak kan ada yg bisa merusak persahabatan di antara kita. Selamanya. (Cahyadi, January 10, 2011 11:42:56 AM)
  18. Hari ini akan disemayamkan saudara, teman, kawan, kakak, adik, ayah, suami kita yg tercinta…. Syaiful Bachri. Innalillahi Wainnalilahi ro’jiun. Kita milikNYA dan kembali kepadaNYA. IPUL ….. kita berdoa untukmu… Ya Allah Ampunilah dosanya, terimalah amal baiknya. IPUL…. abangmu yg juga abang, senior dan komandanku di Grup 1 Kopassus dulu Bang Latif Hasan menantimu dengan penuh kebanggaan dan senyum kegembiraan krn IPUL adl prajurit Bhayangkari sejati. Utk semua kawan kawan IKAL 45… sy mengucapkan terimakasih yg sedalam-dalamnya atas bantuan, dukungan moril dan perhatiannya. Hikmah yg kita dapatkan dr Lemhannas betul betul baru sy rasakan saat ini adalah bahwa… IKAL 45 (kita semua) SAUDARA dlm satu keluarga INDONESIA. Selamat jalan saudaraku… kami akan melanjutkan perjuanganMU…. (Nugroho, 9 Jan 2011 00:10:23 +0000)
  19. Rekan 45 sekelian saya minta maaf kerana menyepi agak lama dan tidak aktif dalam mils. Setelah saya pulang saya agak sibuk sekali menguruskan hal-hal personal yang perlu saya tangani terlebih dahulu. Pada masa sama saya kini masih belum mendapat jabatan karena jabatan terakhir yang direncanakan sebagai Komandan Maktab Pertahanan Angkatan Tentera ( Sesko TNI ) kini akan dijawat oleh Angkatan Udara karena giliran mereka bagi mengambilalih jawatan tersebut. Saya dapat tahu dari Pak Febry dan Pak Dirman rekan kita yang saya kasehi dan hormati Pak Syaiful telah pulang ke Rahmatullah. Ikhlas saya sangat sedih di atas pemergiannya  karena saya saya sangat senang sekali dengan perwatakannya semasa kita bersama dahulu. Saya berpendapat alahyarham adalah satu2 nya rekan kita yang disenangi oleh semua kerana sifatnya yang peramah dan seorang yang sangat merendahkan diri. Marilah bersama 2 kita sedekahkan alfatihah kepada alahyarham, amin dan salam saya kepada semua rekan  PPRA 45 sekelian. ( Syed Zahiruddin Putra, January 10, 2011 8:22:25 AM)
  20. Innalillahi wa inna ilaii roji’un, semoga Saudara kita Syaiful Bahri Husnul Khotimah, diampuni dosanya, diterima amalnya, serta keluarga diberi kekuatan iman dan kesabaran atas ujian ini. Sebagai teman se kamar selama 9 bulan, saya bersaksi bahwa beliau adalah seorang yang lurus hidupnya, dan patut kita teladani atas keteguhan dan dedikasinya. Kepada Saudara-saudaraku yang beragama Islam yang belum sempat, mari kita sholat ghoib untuk beliau. Dan kepada semuanya, mari kita berdo’a semoga beliau mendapatkan jalan yang lapang untuk menghadap Sang Kholiq. Amin.  Maaf, saya baru terima berita ini, karena baru buka email. Mohon info, barangkali ada yang punya nomor HP/tilp. keluarga beliau. Trims. (Ibnu Hadjar, 9 Jan 2011 15:28:15 -0800 (PST))
  21. saya sering berkomunikasi dg beliau alm pak Syaiful.  kami bisa berkomunikasi berjam-jam utk saling curhat.  Saya dan beliau saling berkunjung ke kamar.  Saya di 422, pak Syaiful di 410 (bersama Prof Ibnu Hajar), namun Beliau lebih sering ke kamar saya (itu yang menjadikan saya segan).  Beliau beberapa kali mengajak saya jalan-2 menghilangkan kejenuhan dari kesibukan DK dan DAK. Terakhir saya menemani beliau jalan mencari perlengkapan utk persiapan SSLN Thailand.  beliau mengikuti pendidikan lemhannas dg serius.  beliau belajar keras dg harapan selesai lemhannas bisa menularkan pengalamannya kepada orang lain.  Beliau tidak ragu bertanya agar bisa mengerti.. materi pendidikan.  Kata-2 beliau yang berkesan adalah banyak-banyak beramal karena itu akan banyak menolong. .., dan itu beliau terapkan dlm kehidupannya.   Saya sempat berjanji ke almarhum untuk menemani bertemu familinya (yang tinggal di Bogor) yang kebetulan pernah menjadi dosen saya; Janji itu belum sempat kesampaian.  Baru satu jam yang lalu janji itu saya sampaikan kepada familinya sekaligus memberitahu keadaan almarhum.  Pak Syaiful dan familinya tidak bertemu lebih 30 tahun.  Beliau menjawab sms terakhir kepada saya pada tanggal 31 Des 2010 jam 10.16: singkat sekali: Tks prof doanya.  Saya sms terakhir ke beliau tanggal 8 jan 2011 jam 17.52, utk menanyakan kabar; tanpa di balas.  Itu sebabnya saya menanyakan kabar beliau ke milis ini kemarin petang. Kebaikan beliau sangat luar biasa, sangat berkesan (Iwan Nugroho, 10 Jan 2011 00:33:42 +0800 (SGT))
  22. Kita sungguh bersedih atas meninggalnya saudara kita tercinta bpk. KBP Syaiful Bahri. Dia meninggalkan kenangan dan keteladanan akan kebaikan, keramahan, keuletan dan pekerja keras.Kita kehilangan rekan yg baik karena itu mari kita bawa dalam doa. Teman2 IKAL 45 yang saya cintai dan banggakan, dalam suasana duka-cita yang mendalam, mari kita senantiasa saling mendoakan agar Tuhan senantiasa membimbing kita, memberikan kesehatan dan kekuatan sehingga kita dapat menjalankan tugas dan pekerjaan yang telah diamanahkanNya kepada kita. Rekan2 sekalian saya harap ditengah2 kesibukan Anda dalam menjalankan tugas JANGAN LUPA MEMPERHATIKAN ISTIRAHAT DAN MENJAGA KESEHATAN. Selamat bekerja dan beraktivitas, sehat dan sukses untuk kita. (Romo suprapto, 10 Jan 2011 00:36:26 +0000)
  23. Terima kasih Romo diingatkan… Sudah lebih 2 bulan ini kebiasaan jogging saya tinggalkan… Mudah2an bisa dibiasakan kembali … (Dwi Triono, 10 Jan 2011 00:36:19 +0000)
  24. Tolong disempatkan (bagi yang belum), untuk physical fitness (kebugaran only); berolah raga harus 3-5 kali seminggu. Setiap kali OR, lamanya cukup 30 menit saja (contoh konkritnya; senam Tera selama ini). Kalau tidak mau repot, pagi/sore langsung ke luar rumah, “jalan cepat” 30 menit lebih dari cukup. Gampang kan? Olah raga lebih dari 30 menit boleh saja, tergantung tujuan: fat burning atau olah raga prestasi?. Yang penting tahu kemampuan tubuh. (Fachmi, 10 Jan 2011 00:46:17 +0000).

Kaki bukit Pandereman, Sengkaling,

Malang, 10 Januari 2011.

12 Responses to Selamat Jalan Pak Syaiful

  1. Karma Suta says:

    * Minggu 9 Januari 2011 belum genap sebulan akhir dari kebersamaan di PPRA-45, kita telah kehilangan rekan, sahabat dan saudara terbaik Kombes Pol Syaiful Bachri.

    * Terimakasih Prof Iwan….saya yg pernah Out Bond dan dalam Blok-I memiliki banyak kenangan indah bersama almarhum, semua comment teman2 di atas sungguh benar adanya, beliau selalu rendah hati, menghindari konflik dan menerima dengan apa adanya atas candaria teman2.

    * Selamat jalan pak Ipul, kami mengenangmu…

    • iwan says:

      Terimakasih pak Karma. Kita kehilangan beliau. Beliau sangat baik dan berkesan. Beliau menunjukkan keteladanan, kepemimpinan dan leadership. Semoga Allah memuliakannya

  2. pak cah says:

    “Kok doanya hanya lewat sms ?” Pertanyaan itu selalu terngiang di telinga saya hingga sekarang. Saat beliau dirawat di rumah sakit, saya mengirim beberapa doa lewat sms kepada pak Syaiful. Istri beliau bertanya, “Kok doanya hanya lewat sms ?” Maka pertanyaan isteri tersebut disampaikan langsung ke saya oleh pak Syaiful sesaat menjelang Penyajian Taskap. Saat itu saya merasa bersalah, sedemikian sibuk kita mengurus Ujian Taskap, sampai tidak sempat menengok Pak Syaiful di Rumah Sakit…..

    • iwan says:

      banyak momen yang hilang bersama almarhum. sejak progpil beliau nampaknya memberi tanda-tanda pamit.. tapi saya tidak menyadari.. tanggal 18 desember 2010 sy telp beliau utk pamit pulang ke malang, suara beliau biasa-biasa saja. sy pikir semua berjalan seperti biasa. Beliau orang yang baik sekali.. patuh kepada orangtua, sayang kepada keluarga, rendah hati kepada siapa saja, berdedikasi kepada tugas

  3. yuari says:

    salam kenal pak iwan…..one day saya juga ingin ikut PPRA Lemhanas…tp entah angkatan berapa….salam kenal

  4. alex says:

    sy kenal pak syaiful. memang orangx baik, suka bercanda. sy dulu ajudannya danrem NTT sempat ketemu beliau di Lemhannas..

  5. Agoes Niro says:

    Kami saudara sepupu sama beliau ( Mas Ipol ), dimasa SMA saya kenal betul watak dan karakter beliau. Suka menolong dan apalagi perangainya Cool. Semasa Taruna saya sering dibimbingnya, karena beliau Mas Ipol juga sering mendapat bimbingan dari Orang Tua saya juga seorang Pamen Polisi. Jadi tidak heran jika beliau semasa Dinas orangnya Tegas, Rajin Sholat dan Bersahaja kepada Siapapun. Dari Adikmoe .. Selamat Jalan Mas Koe Ipol, semoga bahagia di Sisi Allah SWT. ( Drs. Agoes Niro , Msi )

    • Iwan Nugroho says:

      Komentar pak Agoes membuat memori saya kepada almarhum bangkit kembali, semoga Allah menerima amal dan mengampuni dosa almarhum. Beliau membuat kesan baik yang mendalam bagi kita semua. terimakasih pak Agoes, smg sukses, salam

  6. IMAM BAHRI, SH.MH. says:

    Terimakasih atas pesan dan kesan Bpk dan Ibu serta Rekan – rekan seperjuangan Almarhum semua tentang Almarhum Abang/Bapak Kombes Pol Syaiful Bahri, SH. Beliau adalah panutan bagi keluarga besar kami begitu harum beliau dimasa hidup semoga amal dan ibadah selama hidupnya diterima dan ditempatkan disisinya memberitahukan kepada Bpk dan Ibu IKAL 45 bah sudah seribu hari kemaren di bulan Oktober telah dilaksanakan Haul Kami atas nama keluarga besar Almarhum mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas ucapannya smg Allah SWT yang membalasnya dari (IMAM BAHRI, SH.MH.) adik bungsu saat ini bekerja di Kementrian Hukum Dan HAM RI (DITJEN Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang ).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: